Pengunjung Blog



Pertimbangan Ketika Memilih Jurusan untuk Kerja Sambil Kuliah

kerja sambil kuliah
Bekerja dan kuliah sudah menjadi salah satu kegiatan yang banyak dipilih oleh para milenial. Tidak hanya mendapatkan ilmu di bangku kuliah, mereka juga bisa mendapatkan penghasilan sendiri untuk membiayai kuliah sendiri. Kerja sambil kuliah memang terkesan keren dan mandiri. Namun dibalik itu, ada tanggung jawab besar yang tidak boleh dianggap remeh. 

Kita semua tahu bila dunia kerja adalah dunia yang kejam. Bila tidak bisa mengikuti dinamika perkembangan di dunia kerja, bukan tidak mungkin bila harus tersingkir dan digantikan oleh lulusan baru yang lebih baik. Untuk mengantisipasi hal ini, banyak karyawan yang memutuskan untuk kerja sambil kuliah. Dengan begitu anda bisa mendapat ilmu dan juga ijazah yang dibutuhkan oleh perusahaan. Namun sebelum memutuskan untuk bekerja sambil kuliah, anda bisa mempertimbangkan beberapa hal ini ketika memilih jurusan kuliah sambil bekerja. 

Pertimbangkan prospek masa depan jurusan


Ketika anda memutuskan untuk kuliah, tidak sedikit orang yang akan menanyakan prospek masa depan setelah lulus kuliah. Andapun juga harus mempertimbangkan prospek masa depan ketika memilih suatu jurusan. Apakah nantinya jurusan tersebut bisa memudahkan anda mendapatkan jenjang pekerjaan yang lebih baik atau tidak. Biasanya karyawan memilih jurusan yang sesuai dengan bidang pekerjaan saat ini agar nantinya ijazah dan ilmu yang diterima bisa dipergunakan dengan lebih baik. 

Tuntutan pekerjaan


Sebagian besar orang memutuskan untuk bekerja sambil kuliah karena tuntutan pekerjaan, misalnya untuk kenaikan pangkat dan sejenisnya. Cara yang paling mudah memilih jurusan kuliah sambil kerja memang dengan melihat bidang pekerjaan saat ini. Setidaknya saat ini ilmu yang anda dapatkan bisa langsung dipraktekkan di dunia kerja. 

Meskipun begitu, anda juga perlu mempertimbangkan apakah bidang kerja yang saat ini sudah sesuai dengan keinginan anda. Atau apakah di kemudian hari anda ingin berganti pekerjaan lain? Semua hal ini perlu dipertimbangkan guna memilih jurusan yang paling cocok ketika memutskan untuk kuliah sambil bekerja. 

Lihat bakat dan minat


Satu hal yang paling penting ketika memilih jurusan kuliah adalah dengan mempertimbangkan bakat dan minat. Meskipun anda sekarang ini sudah bekerja, namun tidak menutup kemungkinan bila suatu saat anda ingin berganti pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minat. Sehingga anda perlu memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan bakat dan minat. Memilih jurusan berdasarkan bakat dan minat juga membantu menghindari kesalahan pemilihan jurusan. Jangan sampai anda merasa salah jurusan karena bekerja sambil kuliah bukanlah hal yang mudah. 

Seberapa besar tekad anda?


Apapun jurusan yang anda pilih, yang paling penting adalah seberapa besar tekad anda. Modal utama kerja sambil kuliah adalah tekad dan nekad. Anda harus yakin bila jurusan yang dipilih nantinya bisa membawa anda menuju kesuksesan. Tekad yang kuat juga bisa menjadi motivasi untuk segera menyelesaikan kuliah secepat mungkin. Namun bila anda masih ragu-ragu, sebaiknya urungkan niat untuk kuliah agar nantinya tidak malah berhenti di tengah jalan. 

Ketersediaan jurusan di universitas


Meskipun kelas karyawan banyak diminati, namun jurusan yang tersedia biasanya tidak terlalu banyak. Jurusan yang disediakan biasanya hanya seputar jurusan yang paling diminati di dunia kerja. STMIK Indo Daya Suvana juag membuka kelas khusus karyawan dengan berbagai jurusan di bidang komputer dengan menerapkan kurikulum internasional dan juga teknologi yang paling baru. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.