Pengunjung Blog



Mengenal Imunisasi Vaksin Polio Untuk Si Kecil

imunisasi vaksin polio
imunisasi vaksin polio

Polio adalah salah satu jenis penyakit yang berbahaya dan menular. Bahkan, polio adalah jenis penyakit yang sudah memakan cukup banyak korban. Itulah kenapa imunisasi vaksin polio sangat penting bagi anak-anak maupun orang dewasa. Idealnya, ketika masih anak-anak, vaksin sudah bisa diberikan kepada mereka.

Vaksin polio akan memberi daya tahan tubuh ekstras bagi setiap orang. Namun, vaksin ini tidak bisa mengobati polio yang sudah aktif di dalam tubuh kita.


Dampak Berbahaya Polio

Seperti yang sudah kami singgung di atas, polio adalah penyakit yang berbahaya. Jika seseorang telah terkena penyakit ini, dapat mengalami kelumpuhan permanen, bahkan bisa menyebabkan kematian. Penyakit polio merupakan salah satu penyakit yang muncul tanpa adanya gejala apapun. Penyakit ini pun bisa menular melalui kontak cairan yang keluar dari hidung, tinja, dan mulut seseorang yang telah terinfeksi dengan penyakit polio.

Mengenal Imunisasi Polio dan Manfaatnya

Imunisasi polio dilakukan kepada seseorang, baik anak maupun orang dewasa menggunakan sebuah vaksin khusus. Vaksin polio ini dapat melindungi tubuh dari gangguan infeksi polio yang bisa menyerang kapan saja.

Vaksin polio merupakan salah satu langkah penting bagi setiap orang yang digunakan untuk mencegah penularan penyakit tersebut. Karena, jika infeksi polio dibiarkan, maka akan mengancam nyawa orang yang menderita penyakit tersebut.

Secara umum, vaksin polio dibagi ke dalam dua jenis. Pertama jenis imunisasi oral atau OPV (Oral Polio Vaccine), yang merupakan jenis poliovirus yang sudah dilemahkan terlebih dahulu. Sedangkan yang kedua adalah imunisasi polio suntik atau yang dikenal dengan IPV (Inactivated Polio Vaccine). IPV merupakan poliovirus yang sudah dinonaktifkan, lalu kemudian diberikan kembali melalui suntikan.

Vaksin polio ini akan diberikan dalam 4 tahapan. Tahapan pertama diberikan saat bayi baru lahir, kedua dilanjutkan pada bulan ke 2, 3, dan 4. Kemudian, dosis penguat diberikan ketika si anak telah memasuki usia 18 bulan.

Bayi baru lahirnya biasanya akan diberikan jenis vaksin OPV. Lalu, vaksinasi polio tahap berikutnya barulah akan diberikan IPV maupun OPV. Setiap anak setidaknya harus mendapatkan satu dosis IPV untuk polio.

Kenapa Imunisasi Polio Penting?


Kesimpulan dari penjelasan diatas, sedikit banyaknya kini kita tahu betapa pentingnya imunisasi vaksin untuk polio. Pasalnya, polio adalah salah satu jenis penyakit yang berbahaya. Setiap anak maupun orang dewasa, perlu diberi vaksin untuk mencegah timbulnya penyakit yang satu ini.

Selain berbahaya bagi diri sendiri, juga berbahaya bagi orang sekitar. Penyebaran penyakit ini tergolong cepat. Karena, penyebarannya melalui cairan di mulut dan tinja. Selain itu, penting juga untuk terus menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

Demikian ulasan seputar imunisasi vaksin polio. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda yang ingin mengetahui polio lebih detail.



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.