Pengunjung Blog



4 Tanda Penyebab Sakit Saat Menstruasi

sakit saat menstruasi
Menstruasi merupakan hal yang lumrah dialami wanita yang telah mencapai usia dewasa. Pada umumnya seorang perempuan akan mengalami menstruasi sejak usia 9 tahun. Namun pada saat masa awal perempuan mengalami menstruasi, biasanya akan mengalami masalah entah itu haid tidak lancar atau sakit saat menstruasi.

Nah sebenarnya rasa sakit saat menstruasi ini bukanlah hal yang bisa dianggap sepele, karena memang hal tersebut biasanya disebabkan oleh berbagai hal mulai hal yang ringan hingga sesuatu yang berat atau bisa saja berpotensi bahaya dampaknya bagi kesehatan. Nah berikut beberapa penyebab yang kemungkinan terjadi pada wanita yang mengalami sakit saat menstruasi:

Terjadinya abnormalitas adenomiosis

Ademiosis sendiri merupakan kelainan pada rahim, hal tersebut terjadi karena jaringan pelapis rahim yang seharusnya berada di permukaan, tumbuh secara tidak normal ke dalam lapisan otot-otot rahim. Hal inilah yang menjadi penyebab nyeri haid, dan untuk mengetahuinya pun tentunya perlu diadakan pemeriksaan secara menyeluruh dengan dokter.
sakit saat menstruasi
Terjadinya radang panggul

Nah ketika terdapat infeksi pada organ reproduksi wanita, misalnya pada tuba falopi, maka hal tersebut kemungkinan juga dapat menjalar pada bagian-bagian lain mulai dari indung telur atau rahim. Nah radang panggul sendiri paling umum disebabkan oleh penyakit menular seksual.

Fibroid

Fibroid atau tumor jinak yang berada dalam dinding rahim atau miom juga menjadi penyebab rasa sakit ketika mengalami menstruasi. Iya apalagi jika ukurannya tergolong besar. Nah jika hal ini yang menjadi penyebab rasa sakit ketika menstruasi, tentunya harus segera mendapatkan penanganan secara khusus.

Endometriosis

Endrometriosis juga sering disebut sebagai masalah penebalan dinding rahim. Penyakit ini ditandai dengan tumbuhnya jaringan endometrium pada bagian luar rahim. Ketika sampai tumbuh diluar rahim, maka keberadaannya pun akan terhambat sebagai saluran tuba falopi sehingga sel telur dan sperma akan sulit untuk bertemu. 

Nah dari hal ini maka sperma yang masuk pun akan berpotensi mengalami kerusakan. Penyakit ini juga dimungkinkan menjadi salah satu penyebab ketidak suburan seorang wanita. Nah itu dia beberapa hal yang menjadi penyebab sakit saat menstruasi.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.