Pengunjung Blog



Memahami Seluk Beluk Investasi Reksa Dana Syariah

Memahami Seluk Beluk Investasi Reksa Dana Syariah
investasi reksa dana syariah

Dana sesuai syariah adalah dana investasi yang diatur oleh persyaratan hukum Syariah dan prinsip-prinsip agama Islam. Dana yang sesuai syariah dianggap sebagai jenis investasi yang bertanggung jawab secara sosial.

Dana yang sesuai syariah adalah salah satu dari banyak kategori yang ditemukan dalam investasi reksa dana syariah yang bertanggung jawab secara sosial. Mirip dengan dana yang bertanggung jawab secara sosial lainnya dalam lingkungan, sosial dan pemerintahan (ESG) semesta, dana menyaring investasi portofolio potensial untuk persyaratan khusus yang diinginkan oleh pengikut agama Muslim.


Konsep ini membutuhkan upaya yang cukup besar untuk diterapkan, karena banyak perhatian harus diberikan kepada kepatuhan dengan seperangkat aturan dan persyaratan komprehensif yang dipandu oleh prinsip-prinsip Syariah.

Dana yang sesuai syariah memiliki banyak persyaratan yang harus dipatuhi. Beberapa persyaratan untuk dana yang sesuai syariah termasuk pengecualian investasi yang memperoleh sebagian besar pendapatan mereka dari penjualan alkohol, produk daging babi, pornografi, perjudian, peralatan militer atau senjata. Karakteristik lain dari dana yang sesuai Syariah termasuk dewan Syariah yang ditunjuk, audit Syariah tahunan dan memurnikan jenis pendapatan tertentu yang dilarang, seperti bunga, dengan menyumbangkannya untuk amal.

Aturan-aturan ini dapat menambah kompleksitas dan biaya untuk pengelolaan dana yang sesuai syariah. Sebagai contoh, dewan Syariah terdiri dari cendekiawan Islam yang bayarannya dapat mencapai jutaan dolar per tahun, menambah biaya keseluruhan pengelolaan dana tersebut. Setiap pengelola dana syariah memiliki beragam interpretasi tentang aturan masing-masing, sehingga menyita waktu mereka untuk sampai pada konsensus untuk analisis dan implementasi mengenai tindakan tertentu.

Bagaimana Memahami Seluk Beluk Investasi Reksa Dana Syariah?

Kategori populer dari investasi untuk dana yang sesuai syariah termasuk real estat dan dana yang diperdagangkan di bursa. Ekuitas pribadi juga dianggap sebagai investasi yang baik tetapi bunga yang dibawa dianggap masalah dalam hukum Syariah.

Sementara aturan investasi reksa dana syariah memiliki berbagai macam interpretasi berdasarkan pengajaran organisasi tertentu, strategi manajer reksa dana tertentu , mandat dari para pemimpin agama dan sebagainya, banyak lembaga keagamaan memiliki investasi langsung di pasar saham dan obligasi , nyata perkebunan dan banyak lagi. Mengikuti strategi yang sama ini tentu saja merupakan jalan potensial bagi investor, seperti halnya berinvestasi dengan manajer investasi profesional yang mendasarkan strategi investasi mereka pada nilai-nilai tertentu yang ditentukan dengan baik, berdasarkan agama.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.