Pengunjung Blog



Hal Yang Perlu Dilakukan Ibu Hamil Agar Janin Tetap Sehat

usia janin
Hamil muda merupakan masa-masa rawan dan harus benar-benar kita jaga. Biasanya awal kehamilan merupakan saat-saat yang membingungkan ya bun. Banyak penyesuaian tubuh yang harus dirasakan akibat perubahan hormon sehingga banyak keluhan seperti mual, muntah dan emosi yang tidak stabil. 

Kini ada Bidan Sela yang dapat memberikan informasi mengenai kehamilan dan kesehatan janin. Perubahan hormon ini juga bertujuan agar bayi atau janin dapat berkembang dengan baik di dalam kandungan. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kehamilan muda, diantaranya:

Mengatasi keluhan dan perubahan fisik

Mual dan muntah yang dialami ibu hamil memang sangat wajar terjadi dan itu normal. Selain itu ibu hamil juga lebih sensitif terhadap bau-bauan seperti parfum, sabun dan lain sebagainya. Untuk mengatasi hal tersebut, bunda bisa mengkonsumsi makanan dengan porsi kecil namun sering. Selain itu selingi dengan minuman jahe untuk memulihkan stamina anda agar tidak terlalu lemas.
usia janin
Mengendalikan kondisi emosional

Seperti yang bunda-bunda lain rasakan kehamilan dapat memicu berbagai emosi seperti gembira, gelisah, semangat dan perubahan mood lainnya. Bahkan bunda yang baru pertama kali hamil pastinya sering kali cemas akan kemampuan mengasuh, kondisi bayi hingga masalah finansial. Namun usahakan hal-hal tersebut jangan membuat bunda stress ya. 

Perubahan mood ini memang normal terjadi namun kita harus dapat mengendalikannya. Nikmati saja setiap proses kehamilan yang bunda alami, jangan terlalu menghakimi diri sendiri. Jika perlu bunda bisa meminta bantuan keluarga dan pasangan atau dokter yang ahlinya.

Mempererat hubungan dengan pasangan

Bisa dibilang kehamilan merupakan waktu yang tepat untuk meningkatkan keintiman bersama pasangan anda. Cobalah ungkapkan secara jujur mengenai kebutuhan, kekhawatiran dan apapun permasalahan yang anda rasakan. Sehingga anda akan terhindar dari stress dan memiliki perasaan sepi, sendiri.

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan ibu hamil agar janin yang di kandungan tetap sehat. Usia janin trimester pertama merupakan masa yang susah, namun setiap fase perkembangan kehamilan merupakan anugerah bagi setiap wanita yang merasakannya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.