Pengunjung Blog



Kerudung Muslimah Menurut Pandangan Dizaman Modern

Kerudung  Muslimah  Menurut  Pandangan  Dizaman Modern
Kerudung muslimah di indonesia penyebutan hijab dan jilbab sangat umum digunakan .Kedua nama ini dipakai untuk merunjuk pada kain penutup penutup kepala wanita muslimah.Meskipun banyak model dan jenis penutup kepala, Namun nyaris masyarakat umum akan tetap menyebutnya dengan hijap ataupun jilbab.

Padahal jilbab dan hijap ini memiliki definisi yang luar biasa , Begitu pula dengan kerudung muslimah , Dan beberapa jenis penutup kepala muslimah lainya.

Agar lebih jelas ,berikut pengertian dari jenis -jenis jilbab yang perlu diketahui sebagai berikut :

1. Hijap
Hijap dalam bahasa arab berati “ penghalang ” . Sedangkan dalam keilmuan islam hijap sendiri lebih merujuk pada tata cara berpakain yang pantas dan menutup aurat sesuai syariat agama.
Sebagian orang berpendapat bahwa setiap jilbab itu adalah hijap .

2. Jilbab
Jilbab adalah gamis longgar yang dijulurkan kesetiap badan hingga mendekati tanah sehingga tidak membetuk lekuk tubuh seperti tertuang dalam perintah alloh SWT surat al –ahzab ayat 59; “hendak lah mereka mengulurkan jilbab nya keseluruh tubuh mereka ....,”jilbab juga biasa nya menutupi keseluruh tubuh kecuali tangan , kaki dan wajah.

3. Khimar
Khimar atau dalam al-quran disebut dengan istilah khumur, adalah kain yang menutupi kepala ,leher dan menjulur hingga menutupi dada wanita dari belakang maupun dari depan (Termasuk menutupi tulang selangka ) .Khimar itu harus menjulur lurus kebawah dari kepala hingga seluruh dada tertutup.

4. Kerudung
Kerudung itu hampir mirip dengan khimar , namun kerudung itu tidak dianjurkan dalam islam . Sebab desain kerudung muslimah hanya dengan penutup kepala saja dan tidak cukup panjang untuk menutupi dada ,leher dan lekukan tuibuh pemakaianya .

5. Niqab
Niqab adalah hijap yang menutupi kepala dan hampir seluruh bagian wajah , kecuali mata. Niqab cukup panjang untuk menutupi leher , muka ,dan dada .

6. Burqa
Burqa adalah mirip dengan niqab , namun nyaris menutupi seluruh bagian wajah termasuk
mata . Biasanya pada bagian mata terdapat kain yang memiliki lubang kecil untuk bisa melihat .

Inilah bagian bagian dari kerudung muslimah bisa anda lihat disitus kineva .co.id.


Diberdayakan oleh Blogger.