Pengunjung Blog



Permainan yang Tepat Untuk Anak-Anak


Perlu anda ketahui bahwa orang tua juga berperan dalam memilih mainan yang tepat untuk anak-anaknya. Pilihlah mainan yang tidak hanya mengandung unsur kesenangan saja, tetapi juga harus mengandung unsur pembelajaran bagi anak.

Bermain memang sudah menjadi dunia anak-anak. Dengan bermain secara tidak langsung dapat melatih motorik anak dengan baik. Merangsang motorik pada anak sangatlah penting dilakukan, agar mereka dapat bergerak dan melakukan aktivitasnya dengan baik. Dalam hal ini anda juga berperan dalam memilih permainan yang tepat. Tidak hanya memilih permainan yang menyenangkan, tetapi harus ada unsur edukasinya agar anak bisa belajar sambil bermain. Berikut beberapa permainan yang tepat untuk anak-anak, diantaranya:

Mainan lilin
Dalam hal ini anda harus memastikan bahwa lilin yang digunakan aman untuk anak-anak. Permainan ini sangat baik untuk merangsang motorik halus pada anak. Karena dalam penggunaannya , anak harus bisa meremas, menggulung dan membentuk lilin tersebut menjadi sebuah bentuk apapun yang mereka inginkan. Selain melatih otot tangan, permainan ini dapat membuat anak lebih kreatif dalam menuangkan imajinasinya. Selain itu juga anak akan belajar mengenal warna dan bentuk dari permainan ini.

Origami atau seni melipat kertas
Permainan origami juga dapat melatih kreativitas anak dan merangsang motorik halusnya. Permainan ini biasanya dilakukan pada anak yang sudah memasuki usia sekolah yaitu lima tahun. Karena pada usia ini anak dapat mengerti membuat bentuk yang diajarkan, sehingga mudah untuk mengarahkannya. Mulailah pada permainan yang lebih mudah, seperti melipat kertas menjadi pesawat, perahu dan lain sebagainya.

Bermain kelereng
Permaianan yang tidak lekang oleh waktu ini sangat baik untuk melatih motorik anak. Kegiatan seperti melempar, menyentil kelereng sangat baik untuk melatih otot tangan pada anak. Selain itu permainan ini juga dapat melatih daya konsentrasi dan daya visualnya. Namun disarankan untuk tidak memberikan mainan ini pada bayi, karena sangat berbahaya. Permainan ini cocok bagi anak usia lima tahun ke atas.

Itulah bebebrapa permainan yang baik untuk anak-anak. Masih banyak lagi permainan yang dapat melatih motorik anak. Selain stimulasi yang baik, beri juga anak anda nutrisi yang baik dengan memberinya susu dancow yang mengandung gizi yang baik untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak anda.
Diberdayakan oleh Blogger.