Teknologi Teknologi Umum Wisata
Senin, 09 Januari 2017

Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini


Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini

Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini

Menurut para ahli ada sedikitnya 7 karakteristik perkembangan terhadap anak usia dini. Perkembangan tersebut meliputi fisik-motorik, perkembangan bahasa, kognitif, serta sosio emosional. Berikut ini akan di bahas karakteristik perkembangan anak usia dini menurut para ahli yang wajib diketahui oleh orang tua agar bisa merawat anaknya dengan baik.

1. Perkembangan Fisik-Motorik

Setiap anak akan mengalami perkembangan fisik secara berbeda-beda. Tidak mungkin semua anak bisa tumbuh kembang dengan sama karena ada beberapa faktor yang menunjang terhadap perkembangan fisik anak. Ada yang lambat dan ada juga yang cepat. Itu semua akan tergantung terhadap peran orang tua bagaimana cara mendidiknya serta tergantung juga terhadap keturunan keluarga anak tersebut. Untuk tahap perkembangan motorik pada anak dibagi dua yaitu perkembangan motorik secara halus dan perkembangan motorik secara kasar.

2. Perkembangan Kognitif

Kognitif berhubungan langsung dengan otak anak dimana disana akan terjadi hubungan yang dikehendaki dan menggunakan perasaan. Semua manusia akan mengalami proses kognitif mulai dari lahir. Namun ketika anak tersebut tumbuh besar, orang tua harus mengarahkan anak ke arah yang baik agar kemampuan kognitif anak bisa berjalan dengan baik. Jadi intinya kemampuan seseorang akan sangat tergantung terhadap orang yang mendidiknya.

3. Perkembangan Sosio Emosional
Perkembangan anak yang akan Anda bisa lihat pada masa pertumbuhan adalah anak akan susah sekali untuk diatur dan ini sangat beralasan karena anak sedang mencari pengalaman-pengalaman yang baru, senang dengan permainan dan suasana yang baru. Jangan heran ketika anak masih kecil akan sulit diatur dan akan sering membangkang terhadap orang tuanya dikarenakan anak tidak mau diatur. Namun sebagai orang tua tidak lantas langsung memarahinya karena kalau langsung dimarahi anak tersebut akan menangis.

Tiga tahapan perkembangan anak usia dini menurut para ahli tersebut diatas harus dipahami dengan benar. Jadi Anda akan mengetahui betapa sulitnya mendidik anak-anak agar bisa tumbuh kembang dengan baik dan akan menjadi anak tersebut berguna bagi nusa dan bangsa. Selain memperhatikan hal tersebut diatas. Alangkah baiknya Anda menyiapkan berbagai strategi agar anak bisa menurut tanpa harus dipaksa.
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment
Copyright © 2012 Ibu Kreatif All Right Reserved. Share on Blogger Template Free Download.