Pengunjung Blog



Cara Diet Penderita Diabetes

Diabetes dikenal juga dengan istilah kencing manis. Diabetes adalah sebuah kondisi ketika kadar gula darah jauh lebih tinggi dari patokan normal. Idealnya, patokan normal gula darah seseorang sebelum makan adalah tidak melebihi 126 mg/dl atau 180 mg/dl  dua jam setelah makan. Dabetes pun dikategorikan menjadi dua jenis yaitu disbetes basah dan diabetes kering. Pengelompokkan ini didasarkan pada kadar diabetes masing-masing jenis diabetes tersebut.

Diabetes kering memiliki kadar gula darah yang masih terkontrol sehingga apabila disertai dengan luka atau infeksi maka binfeksi tersebut masih bisa sembuh kembali. Berbeda halnya dengan diabetes basah kadargula darah dalam tubuh si penderita sangat tinggisehingga apabila ada infeksi sangat slit disembuhkan. Apabila luka tersebut ingin tidak menyebar ke mana-mana harus dilakukan tindakan amputasi  di daerah yang terluka. Penyakit ini memang sangat mengerikan. Namun, banyak juga para penderita diabetes yang masih bisa melakukan aktivitas kesehariannya seoerti biasa dengan melakukan cara sehat diet alami
Cara sehat diet alami untuk para penderita diabetes dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:
  • Mengkonsumsi karbohidrat kompleks dan berserat tinggi. Hal ini bertukuan untuk mengotrol gula darah agar tidak terlalu tinggi karena karbohidrat kompleks yang berserat tinggi lebih lambat diuraikan oleh organ pencernaan. Selain itu juga karbohidrat kompleks yang berserat tinggi dapat memperlambat rasa lapar dan menyumbangkan energy lebih besar.
  • Hindari makanan yang banyak mengandung pemanis atau gula secara berlebih
  • Perbanyak memakan buah-buahan dan sayur-sayuran yang kaya serat.
  • Hindari memakan nasi panas karena nasi panas memiliki kadar gula yang relative tinggi.
  • Rutinkan berolahraga secara proporsional untuk menjaga kesehatan.

Dengan melakukan cara sehat diet alami seperti yang diuraikan di atas, banyak para penderita diabetes yang berhasil hidup normal layaknya seperti orang-orang sehat secara umum. Apabila Anda mempunyai orangtua, pasangan hidup, atau bahkan Anda sendiri menderita penyakit ini, jangan berkecil hati karena cara penanggulangannya cukup murah. Yaitu dengan cara menahan diri untuk tidak sembarangan makan dan disiplinkan diri rajin berolah raga secara teratur dan proporsional.

Diberdayakan oleh Blogger.