Pengunjung Blog



4 Cara Menjaga Kesehatan Mama Tahap Trimester Kehamilan

janin di tahap trimester pertama
sumber gambar : lactamil.co.id

Untuk menjadi seorang ibu yang sehat pada masa kehamilan, tidak bisa sembarangan menjaga kesehatan tubuh. Baik dari dalam maupun dari luar hal - hal penting sebaiknya diperhatikan oleh ibu. Bagi calon ayan juga penting untuk mengetahui kebutuhan ibu dan pantangannya pada masa awal kehamilan untuk membantu mempermudah kehamilan pertama ibu. Berbicara masalah kesehatan, kita akan memberikan beberapa tips menjaga kesehatan bagi ibu hamil pada fase awal hingga akhir khususnya trimester pertama. Apa saja langkah menjaga kesehatan ibu?

1. Banyaklah beristirahat. Kehamilan membuat ibu cepat lelah dan merasa ngantuk, jika memang mengantuk maka istirahatkan tubuh dan tidur. Ingat bahwa kelelahan bisa berakibar buruk pada keguguran janin yang dikandung oleh ibu. Ketika bayi sudah lahirpun porsi tidur ibu akan sangat berkurang, sehingga usahakan banyak istirahat.

2. Rawat gigi dan gusi. Tahukah ibu bahwa infeksi pada gusi bisa berakibat pada kelahiran prematur? Bersihkan gigi dengan teliti dan hati-hati, gusi berdarah bisa memicu infeksi gigi. Cek kesehatan gigi ibu secara berkala jika takut melukai gusi saat membersihkannya.

3. Selalu rileks dan hindari stres. Menjadi ibu memang membuat kita lebih emosional dan sensitif, namun jangan sampai ibu menjadi stres berat, baik harena kehamilan ataupun karena alasan lainnya. Stres bisa memicu senyawakimia yang akan mengganggu pertumbuhan janin di perut ibu.

4. Ganti celana dalam lebih sering. Seorang ibu hamil memang lebih sering bolak balik ke toilet untuk buang air kecil, jika ibu kurang yakin dengan higinitas setelah dari toilet, gantilah celana dalam untuk menghindari lembab dan bakteri dan jamur. Bisa juga gunakan pembalut tipis dan selalu membawa tisu saat bepergian.

Jika mengikuti saran – saran di atas ibu bisa menjaga kesehatannya dan juga kesehatan janin dalam kandungan. Jangan lupa bahwa ibu pada masa trimester pertama masih harus memeperhatikan asupan makanan dan gizinya. Susu kehamilan harus disesuaikan dengan kebutuhan ibu contohnya lactamil. Jika ibu kekurangan asam folat akan buruk bagi kesehatan bayi. Usahakan mengecek berkala dengan USG scan atau ultrasound.
Diberdayakan oleh Blogger.