Pengunjung Blog



Resep Ayam Bakar Padang Lezat Dan Mudah



Memasak merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Selain bisa membuat anda bereksplorasi dengan berbagai bahan makanan, memasak juga bisa membebaskan anda dengan citarasa yang dikehendaki sesuai dengan selera. Hal yang paling penting, memasak sendiri makanan di rumah membuat anda lebih berhemat daripada harus makan di luar. Untuk menghindari kejenuhan, anda bisa melihat resep masakan enak yang saat ini banyak tersedia di media internet. sebelum anda belajar memasak aneka makanan luar negeri, anda bisa belajar memasak aneka kuliner nusantara yang biasanya lebih sulit karena bumbunya yang khas dihasilkan dari rempah dan akan membuat lidah anda bergoyang saat menikmatinya. Salah satu resep masakan yang bisa anda coba adalah ayam bakar padang. Untuk membuatnya, berikut ini kami tuliskan resepnya.

1. Bahan utama dan bumbu

Siapkan beberapa bahan utama untuk membuat ayam bakar padang sebagai resep masakan enak diantaranya 1 ekor ayam yang telah dipotong sesuai selera, 1 sendok teh air jeruk nipis, 2 batang sereh yang telah diambil putihnya lalu dimemarkan, 5 butir bawang merah yang diiris tipis, 4 siung bawang putih yang telah diiris tipis, 200 ml santan kental dari 1 butir kelapa, 600 ml santan encer yang didapat dari sisa santan kental, 1 sendok teh garam 3 buah asam kandis, ¼ sendok teh gula pasir, dan minyak untuk menumis. Untuk bumbu yang dihaluskan, siapkan 5 butir kemiri yang telah disangrai, 3 cm jahe, 2 cm kunyit yang telah dibakar, ¼ sendok teh merica bubuk, 5 buah cabai merah keriting, dan 5 buah cabai merah besar.

2. Langkah pembuatan ayam bakar padang

Setelah anda siapkan bahan utama dan bumbunya, lakukan langkah membuatnya yang dimulai dari melumuri ayam yang telah dipotong dengan 1 sendok teh garam dan air jeruk nipis sampai merata lalu diamkan selama 5 menit. Panaskan sedikit minyak di atas wajan untuk menumis bumbu yang telah dihaluskan sambil ditambahkan bawang merah, bawang putih, dan sereh, tumis bumbu sampai matang. Masukkan ayam, masak hingga warnanya berubah, tambahkan dengan santan encer, asam kandis, gula dan garam lalu aduk sampai rata dan didihkan. Tuangkan santan kental lalu masak ayam sampai matang dan empuk, serta bumbunya meresap. Terakhir, panggang ayam sampai berwarna kecoklatan lalu sajikan ayam bakar dengan sisa bumbu.
Itulah resep masakan enak khas padang yang bisa anda buat sendiri dengan mudah, selamat mencoba!
Diberdayakan oleh Blogger.