Pengunjung Blog



Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Sebagai orang tua tentu akan merasa kesulitan saat mendapati buah hatinya susah sekali makan, hal seperti ini tidak jarang juga membuat para orang tua terutama ibu menjadi tertekan karena takut sang buah hati kekurangan nutrisi untuk pertumbuhannya. Hal ini belum lagi ditambah dengan anak yang suka pilih-pilih makanan sehingga semakin lengkaplah kekhawatiran akan kelengkapan nutrisi bagi anak. Oleh karena itu dalam diperlukan cara khusus dalam mengatasi anak susah makan sehingga orang tua menjadi tenang.
Banyak penyebab yang bisa menjadikan anak menjadi susah makan, mulai dari faktor fisik anak seperti terdapat gangguan pada sistem pencernaan atau pula faktor psikis seperti bagaimana psikologi anak karena ketidaknyamanan di rumah. Untuk hal tersebut berikut ini beberapa tips paraktis yang dapat dilakukan dalam mengatasi anak susah makan yang diantaranya sebagai berikut.

  1. Membuat menu variasi makanan yang baru. Jika anak anda susah makan karena bosan dengan makanan yang sama maka mencoba menu baru dengan berbagai variasi dapat dilakukan. Dalam hal ini anda bisa memilih makanan yang disukainya lalu membuat variasi yang baru yang dicampurkan dengan variasi makanan lainnya.
  2. Menyajikan makanan dalam porsi yang kecil. Perut anak anda yang masih kecil belum bisa menampung berbagai makanan dalam jumlah yang banyak, untuk hal tersebut anda bisa memberikan makanan dalam porsi yang kecil atau sedikit demi sedikit. Yang terpenting disini anak tetap bisa mendapatkan asupan makanan bergizi.
  3. Memberikan cemilan yang sehat. Memberikan cemilan makanan yang sehat dapat menjadi tips selanjutnya mengatasi anak yang susah makan. Disini anda bisa memberikannya berbagai makanan sehat dari sayuran, buah-buahan, ataupun dari daging, seperti bola-bola kentang yang telah diisi wortel, daging cincang, kue, susu, dan makanan yang lainnya.
  4. Melakukan jadwal makan secara teratur. Dengan mengatur jadwal makan untuk anak maka akan membiasakan anak untuk makan tepat pada waktunya. Dengan jadwal yang teratur tersebut maka anak anda akan mudah saat disuruh untuk makan.
Diberdayakan oleh Blogger.