Pengunjung Blog



Menilik Best Universities in Indonesia


Kebutuhan masyarakat Indonesia modern saat ini bukan hanya berkaitan dengan sandang, pangan, dan papan, namun banyak hal seperti contohnya pendidikan. Bukan pula hanya pendidikan dasar dan wajib sekolah 9 tahun yang digagas oleh pemerintah saja, rupanya rakyat Indonesia sudah sangat awas dengan kebutuhan dunia kerja dan persaingan yang semakin ketat untuk menyiapkan putra – putrinya menghadapi tantangan jaman, sehingganya pendidikan tinggi adalah hal yang lazim untuk didapatkan saat ini. 

Jika dahulu untuk menjadi seorang “insinyur” maka orang tersebut harus berasal dari keluarga berada, memiliki nama yang terpandang, dan biasanya merupakan orang yang memiliki pengaruh, maka hal ini telah berbeda dengan masa tersebut. Hampir semua orang bisa mendapatkan pendidikan tinggi dengan banyaknya skema beasiswa yang disediakan oleh lembaga negara ataupun swasta untuk membantu meningkatkan taraf pendidikan dan menghapuskan kebodohan. Lembaga pendidikan tinggi universitas pun tidak mau kalah membuktikan dirinya sebagai best Universities in indonesia untuk tujuan belajar.

Kalau berbicara masalah universitas terbaik di Indonesia, akan banyak sekali informasi yang kita harus telaah. Dari indikator mana sebuah lembaga pendidikan tinggi bisa disebut sebagai terbaik. Apakah dari kualitas lembaganya, tenaga pengajarnya, hasil lulusannya, fasilitasnya, ataukah kombinasi dari semua indikator tersebut? Tanpa harus ditanya ada beberapa universitas di Indonesia yang mendapat gelar terbaik berdasarkan indikator diatas, antaranya Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung, dan Institut Pertanian Bogor. Kelima universitas dan institusi ini memang terkenal sebagai salah satu tujuan utama para pelajar SMA yang akan mendaftar ke universitas, bahkan sebelum kelulusan SMA diumumkan. Tujuannya terntunya untuk mendapatkan kursi di universitas impian.

Universitas Indonesia yang berlokasi di Depok, Jawa Barat dan Jakarta ini digadang-gadang sebagai universitas dengan perpustakaan paling lengkap dan terbesar di Asia Tenggara dengan kapasitas 1,5 juta buku. Terntunya tak perlu bertanya lagi efektifitas perpustakaan ini untuk mendukung pembelajaran dan riset. Disamping itu tenaga pengajarnya yang sangat kompeten dan lulusannya yang terbukti banyak berkecimpung di ranah yang diminati dengan pencapaian bagus, semakin menguatkan status sebagai best Universities in indonesia.
Diberdayakan oleh Blogger.