Teknologi Teknologi Umum Wisata
Rabu, 24 Agustus 2016

Tips Untuk Menjaga Dapur Bersih Setiap Saat


Kita tentu memahami bahwa dapur adalah bagian dari rumah yang sangat penting untuk diperhatikan kebersihannya, yang sama memang pentingnya dengan menjaga kebersihan ruang tamu. Dapur perlu dijaga kebersihannya setiap saat. Mengingat bahwa dapur adalah tempat untuk mengolah bahan makanan untuk kemudian menjadi masakan yang sehat. Jika dapur tidak bersih, makanan yang sehat bisa jadi tidak sehat untuk dikonsumsi. Nah, untuk menjaga dapur bersih ada beberapa tips jitu yang bisa anda lakukan, berikut ini beberapa diantaranya :
  1. Ganti spons pencuci piring secara berkala. Mencuci piring adalah kegiatan yang setiap harinya selalu dilakukan dan jelas ini membuat spons pencuci piring pun setiap saat digunakan juga dan ini akan membuat lama-kelamaan kotor. Spons yang kotor akan memancing bakteri dan kuman penyebab penyakit pun bersarang. Sehingga anda perlu menggantinya secara berkala.
  2. Rutin cuci tangan. Walaupun kegiatan yang satu ini sangatlah sederhana, namun bermanfaat besar untuk bisa menjaga dapur bersih setiap saat. Selain itu, mencuci tangan akan membuat setiap makanan yang diolah pun lebih steril lagi sehingga bisa menyajikan makanan yang sehat dan kebersihannya terjamin.
  3. Bersihkan wastafel dan kulkas secara rutin. Dua bagian dari dapur ini bisa dikatakan paling rawan menjadi sarang bakteri dan kuman penyebab penyakit. Anda bisa mencegahnya dengan rutin untuk membersihkan jika sudah nampak kotor.
  4. Sediakan beberapa talenan untuk mencegah terjadinya kontaminasi bakteri dari bahan makanan mentah. Bedakan antara talenen untuk memotong daging, dengan talenan untuk memotong sayur, buah dan sejenisnya. Jangan lupa untuk selalu mencuci saat setelah dipakai. Wujud dapur bersih bisa didapatkan jika perlengkapan di dapur pun bersih juga. Termasuk talenan.
  5. Rutin cuci clemek dan lap tangan. Tidak jauh berbeda dengan spons pencuci piring, clemek dan lap tangan pun merupakan bagian dari tempat yang mudah dihinggapi bakteri dan kuman penyebab penyakit. Maka dari itu, anda perlu mencucinya secara berkala. Terlebih saat setelah digunakan untuk mengolah daging mentah.
  6. Cuci segera piring kotor setelah digunakan. Jangan membiasakan untuk menumpuk piring kotor di wastafel pencuci piring dan tidak segera dicuci. Ini akan mengundang bakteri untuk bersarang sehingga menyebabkan penyakit dan bahkan membuat dapur pun terasa kumuh. Cuci segera, dan untuk mendapatkan hasil cucian maksimal anda bisa menggunakan Sunlight Plus Anti Bakteri untuk menghilangkan bakteri yang menempel di piring bekas makanan. Ataupun untuk menghilangkan lemak membandel dan bau tak sedap, anda bisa menggunakan Sunlight Jeruk Nipis 100 yang mampu membuat piring cucian menjadi bersih dan bebas dari lemak ataupun bau amis.
Baca artikel lainnya : Memanfaatkan Jeruk Nipis Untuk Mewujudkan Dapur Bersih
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment
Copyright © 2012 Ibu Kreatif All Right Reserved. Share on Blogger Template Free Download.