Teknologi Teknologi Umum Wisata
Sabtu, 27 Agustus 2016

Resep Memasak Sayuran Yang Sehat


Buah-buahan dan sayur-sayuran sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Selain kaya berbagai vitamin dan serat, kandungan mineralnya pun dapat mencegah terjadinya dehidrasi dalam tubuh. Orang yang seimbang mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan akan lebih segar dan pencernaannya lancar. Sebaliknya, orang yang jarang bahkan tidak menyukainya akan lebih terlihat kusam dan banyak keluhan pada pencernaannya. Misalnya saja susah buang air besar sampai wasir. Untuk mengatasi masalah anak yang tidak menyukai sayuran, kita sebagai seorang ibu haruslah pintar menyajikan sayuran menjadi makanan yang enak sehingga disukai anak-anak. Mencari resep makanan yang berbahan dasar sayuran adalah satunya.

Setelah mendapatkan resep masakan yang dikira akan disukai anak-anak,kita juga harus mengetahui cara-cara yang tepat supaya kandungan vitamin, gizi,serat, dan hal baik lain yang terkandung di dalam sayuran tidak rusak bahkan hilang. Kalau demikian, semua usaha yang kita lakukan hanya berbuah “sia-sia” saja. Jangan sampai kita menyajikan sayuran yang mengandung ampas saja sementara kandungan gizinya hilang saat proses pengolahan.

Berikut adalah resep masakan supaya sayuran tidak kehilangan kandungan vitamin dan gizinya ketika diolah atau dimasak.
Apabila akan ditumis, sayuran harus dicuci terlebih dahulu sebelum dipotong-potong. Kalau dipotong-potong dulu lalu dicuci, dikhawatirkan vitamin dan gizinya terbuang saat dicuci.
Apabila akan direbus, maka siapkan terlebih dahulu air secukupnya (jangan terlalu banyak) sampai mendidih lalu masukan sayuran. Artinya, air dan sayuran yang akan direbus tidak disatukan dari awal merebus tapi tunggu dulu sampai airnya mendidih. Dengan demikian, kandungan vitamin dan gizi sayuran tidak rusak oleh panas dan tidak berkurang oleh banyaknya air untuk merebus.

Apabila akan dipanggang, gunakanlah alat pemanggang ikan. Bolak-balik sayuran yang sedang dipanggang jangan sampai gosong. Atau simpanlah sayuran pada keranjang (yang bahannya bukan dari benda-benda yang mudah terbakar) di atas tempat pemanggangan. Dengan demikian, api/bara api tidak langsung mengenai sayuran. Cara memanggang sayuran merupakan cara yang paling tepat untuk menjaga vitamin dan gizi yang dikandungnya.
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment
Copyright © 2012 Ibu Kreatif All Right Reserved. Share on Blogger Template Free Download.