Pengunjung Blog



Cara Merawat Printer Warna

Printer adalah salah satu alat cetak dimana hampir setiap orang miliki. Bahkan, perkantoran – perkantoran sudah pasti memiliki printer untuk mencetak berbagai dokumen penting. Dahulu, printer hitam putih adalah printer yang paling banyak digunakan. Kemudian, waktu semakin berjalan dan printer warna pun banyak digunakan untuk mencetak dokumen lebih menarik dan bervariasi lagi. Akan tetapi, kita juga pasti sering mendengar kasus dimana kerusakan sering terjadi printer. Padahal, printer tersebut belum lama dibeli atau tidak terlalu sering dipakai, namun sudah mengalami berbagai masalah seperti macet, warna tidak keluar, hingga printer benar – benar tidak bisa digunakan.


Sebenarnya, apa yang membuat printer anda bermasalah?
Kelalaian dalam menggunakan printer bisa menjadi salah satu pemicu kerusakan. Walau bagaimanapun printer merupakan salah satu benda yang cukup sensitif, dengan demikian berhati – hatilah dalam menggunakannya.
Penyimpanan printer yang tidak tepat, misalnya disimpan di tempat yang terkena paparan sinar matahari secara langsung hingga panasnya membuat komponen kecil terganggu hingga penyimpanan di tempat yang mudah berdebu
Jarang membersihkan printer dengan rutin sehingga printer menjadi kotor atau berdebu
Membiarkan tinta kering dan tidak segera diganti.

Adapun, agar printer warna anda tetap awet dan tahan lama, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk merawat printer anda, diantaranya:

Sebelum menggunakan printer, bacalah petunjuk penggunaan agar anda tidak melakukan kesalahan yang menyebabkan printer menjadi mudah rusak.
Jangan menaruh benda lain di atas printer, terutama benda yang memiliki bobot berat
Letakkan printer di tempat yang sejuk agar tidak terpapar panas matahari secara langsung
Jika sedang tidak digunakan, tutup printer menggunakan plastik atau kain penutup
Rutinlah membersihkan printer agar printer tetap bersih dan bebas dari debu. Untuk membersihkan printer tersebut anda bisa menggunakan lap, kuas kecil untuk membersihkan celah kecil, hingga cairan pembersih khusus untuk laptop
Rutinlah memeriksa tinta printer anda untuk selalu dalam keadaan basah (jika anda menggunakan printer ink jet) 

Nah, itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan agar printer anda tetap terawat dan juga tahan lama.
Diberdayakan oleh Blogger.