Pengunjung Blog



Cara Mengatasi Alergi Kulit yang Tepat Agar Tidak Terjadi Hal yang Tidak Diinginkan!


Terlihatnya, alergi memang penyakit yang sepele. Sampai akhirnya tak perlu dicari cara mengatasi alergi kulit agar cepat sembuh. Karena dirasa, dengan dibiarkan saja maka alergi di kulit bisa sembuh. Biasanya memang alergi ini hanya ditandai dengan gatal-gatal atau ruam merah. Adapun penyebabnya bisa bermacam-macam. Mulai dari cuaca panas, dingin, debu, bahkan bulu binatang dan beberapa detergen tertentu. Memang imunitas masing-masing orang berbeda, sehingga alergi yang dialami juga bisa berbeda-beda.

Pada dasarnya, alergi disebabkan karena tubuh membentuk antibodi atas penyebab alergi tersebut. Karena itu saat kekebalan tubuh menurun, bisa saja membuat alergi semakin parah. Tapi saat kondisi tubuh membaik, bisa saja alergen tersebut tidak terbaca sebagai benda asing yang akhirnya membentuk antibodi. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa kasus dimana awalnya, seseorang tidak memiliki alergi pada suatu hal. Tapi setelah beberapa tahun berjalan, hal tersebut menjadi alergen. Penyebabnya adalah saat awal-awal, tubuh masih berusaha beradaptasi dengan alergen tersebut. Tapi lama kelamaan, tubuh sudah tak lagi bisa menerima dan membentuk antibodi ini.

Namun bukan berarti kita boleh terlena dengan alergi ini. Ada banyak dampak yang disebabkan karena tidak adanya kepedulian untuk mencari tips mengatasi alergi pada kulit. Antara lain yaitu:

  • Bisa menjadi penyebab terjadinya penyakit asma dan sinuitis,
  • Bisa menjadi penyebab terjadinya sindrome steven johnson atau alergi kulit pada obat yang membuat beberapa anggota tubuh seperti membengkak,
  • Hidup menjadi tidak nyaman dan bisa menyebabkan produktifitas menurun.
Semakin Anda mengabaikan alergi ini, maka biaya yang akan Anda keluarkan untuk mengatasi alergi tersebut juga akan lebih besar. Mulailah untuk mengenali diri sendiri. Apa yang membuat atau memicu terjadinya alergi. Sehingga Anda lebih bisa mawas diri. Jangan lupa, saat ini faktor eksternal pemicu alergi juga meningkat. Seperti polusi udara, makanan dengan bahan pengawet maupun bahan kimia lainnya. Mengenali dan menghindari pemicu alergi akan mencari cara mengatasi alergi kulit paling ampuh. Meskipun jika alergi ini berlanjut, maka Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter. Tapi jika Anda harus mengkonsumsi obat-obatan kimia, lebih baik mencegah terjadinya alergi bukan?
Diberdayakan oleh Blogger.