Teknologi Teknologi Umum Wisata
Selasa, 27 Oktober 2015

Komunikasi, Pengertian Keluarga yang Mengeratkan Hubungan

Komunikasi, Pengertian Keluarga yang Mengeratkan Hubungan - Salah satu kunci penting dalam setiap pengertian keluarga bahagia adalah kemampuan berkomunikasi. Anda tentunya sering melihat sendiri, bagaimana sebuah keluarga bisa berantakan karena satu faktor kunci ini diterlantarkan oleh orang-orang yang ada di dalamnya. Padahal segala kesalahpahaman dan kecurigaan bisa diselesaikan dengan damai menggunakan solusi yang tepat, jika saja orang bisa saling berbicara dengan benar.

Komunikasi, Pengertian Keluarga yang Mengeratkan Hubungan


Pengertian pentingnya keluarga adalah karena mereka bisa saling mendukung satu sama lain. Tetapi tanpa adanya komunikasi, bagaimana Anda berharap ini bisa terjadi? Komunikasi penting sebagai:


  • Sarana pembelajaran, tidak hanya untuk anak Anda, tetapi juga bagi Anda dan pasangan Anda sendiri.
  • Mengajak Anda menjadi pendengar yang baik, yang mampu menghargai pendapat orang lain.
  • Memberikan perspektif baru dalam kehidupan dan kegiatan sehari-hari.
  • Untuk mengetahui lebih dalam tentang orang-orang yang tinggal bersama dengan Anda ini.
  • Sebagai tempat untuk merencanakan langkah hidup Anda selanjutnya.

Pentingnya komunikasi ini banyak diremehkan orang, sehingga akibatnya keluarga pun menjadi dingin dan berantakan. Namun Anda bisa mencegahnya dengan:

  1. Berlibur bersama di akhir pekan
Pergilah berlibur bersama dengan keluarga Anda, dan manfaatkanlah kesempatan ini untuk saling berbicara, tentang topik ringan hingga berat.
  1. Minum teh bersama
Tradisi ini sudah dilakukan sejak zaman kuno, dan dengan alasan yang bagus. Kesempatan minum teh bersama selama beberapa menit saja sudah membuat suasana cukup rileks, membuat orang lebih mudah berbicara.
  1. Komunikasi sebelum tidur
Menurut psikologi, malam hari ketika orang dalam keadaan lelah, mereka cenderung lebih jujur tentang perasaannya. Manfaatkan ini untuk komunikasi dengan suami/istri Anda.
  1. Temani anak belajar
Ketika anak Anda belajar, Anda bisa mengetahui proses mereka dan kesulitan yang dialami. Anak pun lebih terbuka dengan segala unek-unek mereka tentang sekolah.

Masih banyak lagi cara untuk bisa meningkatkan komunikasi Anda dengan keluarga. Saling mengucapkan salam di pagi hari, berbelanja bersama setiap bulan, bahkan menonton TV di ruang keluarga sekalipun. Lakukan ini secara rutin, dan Anda akan mengerti kenapa pengertian keluarga selalu menekankan pada ajakan untuk saling berkomunikasi satu sama lain. Mari Bicara!
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment
Copyright © 2012 Ibu Kreatif All Right Reserved. Share on Blogger Template Free Download.