Pengunjung Blog



Cara Mencegah Diabetes Sejak Dini

Diabetes adalah salah satu penyakit yang sulit untuk disembuhkan secara total, hanya saja mampu dikendalikan agar tidak menimbulkan komplikasi. Diabetes terjadi karena tubuh tidak mampu memproduksi hormon insulin dengan normal sehingga tekanan gula dalam darah tidak terkendali. Ketika diabetes sudah menyerang pada tubuh, maka penderita haruslah menjaga pola makan, melakukan diet, serta pengobatan dari dokter dengan rutin. Mencegah agar tidak terjadi pada diri kita alangkah baiknya daripada harus mengobati, karena mengobati itu lebih sulit dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, sebaiknya kita mengetahui cara mencegah diabetes sejak dini sebelum penyakit tersebut menyerang dan sulit untuk disembuhkan.


Berikut adalah beberapa langkah dalam mencegah penyakit diabetes yang penting untuk anda ketahui, diantaranya yaitu :

1.Perhatikan jenis makanan yang anda konsumsi tiap harinya


Kelebihan kadar gula dalam darah adalah penyebab utama dari penyakti diabetes. Sedangkan yang banyak dikonsumsi setiap harinya adalah makanan yang banyak mengandung glukosa seperti nasi yang banyak mengandung karbohidrat. Nah jika anda tidak memiliki riwayat keturunan diabetes atau anda ingin terhindar dari penyakit diabetes, maka anda harus mengatur asupan makanan yang anda konsumsi setiap harinya. Sebaiknya anda mengurangi makanan yang banyak mengandung glukosa dan menambah makanan yang berprotein tinggi serta rendah kalori.

2.Hindari berat badan berlebih


Memiliki berat badan yang melebihi normal akan sangat mengganggu. Bukan hanya mengganggu dalam beraktivitas dan juga penampilan, tapi dengan badan berlebih juga sangat rentan terhadap resiko penyakit berbahaya termasuk diabetes. Orang yang badannya berlebih biasanya menyukai makanan ringan yang banyak mengandung kalori dan lemak, sehingga tubuhnya cepat membengkak dan sulit untuk diatur terutama ngemil di malam hari. Namun jika anda masih suka ngemil, maka anda dapat menggantinya cemilan anda dengan cemilan yang sehat dan aman. Soyjoy adalah salah satu makanan ringan yang dikemas dalam bentuk yang modern dan menarik. Selain itu, soyjoy juga terbuat dari tepung kedelai serta aneka buah-buahan yang rendah kalori dan tinggi protein. Rasa kenyang akan bertahan semakin lama dan tentunya akan mengurangi porsi makanan anda terutama makanan yang berkalori tinggi.

3.Bebaskan pikiran anda


Stress merupakan sebuah kondisi yang mesti anda hindari. Dengan kondisi berlarut-larut dalam kepenatan, akan beresiko sangat buruk terhadap kesehatan anda. Karena itu, hindari kondisi stress dan menggantinya dengan memperbanyak aktivitas yang dapat membuat badan anda segar dan ceria setiap harinya.
Itulah sedikit dari banyak cara mencegah diabetes yang dapat anda lakukan. Selebihnya anda dapat berusaha untuk selalu optimis dan membiasakan pola hidup yang lebih sehat lagi supaya terhindar dari resiko penyakit diabetes yang semakin meresahkan.
Diberdayakan oleh Blogger.