Pengunjung Blog



Penyakit Berbahaya yang Dapat Menyerang Tulang Belakang


Anggapan salah yang sering beredar di masyarakat adalah penyakit tulang belakang hanya beresiko menyerang mereka di usia lanjut saja, pada kenyataannya hal tersebut tidak benar karena penyakit ini juga dapat menyerang sejak dini, bahkan bawaan dari lahir, misalkan saja kelainan tulang belakang yang membengkok ke beberapa arah, membentuk huruf S, bungkuk atau terlalu membengkok ke belakang. Meskipun bukan penyakit yang mematikan nyatanya sangat mengganggu dan dapat mengurangi rasa percaya diri.

Satu lagi hal kurang menyenangkan dari penyakit ini adalah Anda tak akan bisa masuk ke militer, mengingat disini diperlukan orang-orang berpostur tubuh tegap dan ideal, beberapa kelainan tulang yang terjadi sejak usia dini tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan mudah, pada penderita skoliosis misalnya ada beberapa terapi yang bisa dilakukan. Namun penyakit lainnya kurang mudah untuk diatasi, misalkan saja:
  • Osteoporosis, untuk jenis penyakit yang menyerang tulang belakang berupa pengeroposan tersebut lebih baik dicegah dibandingkan dengan diobati, karena saat Anda sudah memasuki usia lanjut tak bisa lagi ditolong, persendian akan menjadi sakit bahkan sulit bergerak, pengapuran memang menjadi hal yang umum terjadi, salah satunya pada wanita.
  • Leukimia, selama ini kita hanya sebatas mengenal leukimia sebagai penyakit kanker darah, namun tahukah Anda asal mula penyebabnya, penyakit ini disebabkan karena kegagalan sumsum tulang belakang dalam memproduksi sel darah merah, salah satu cara menyembuhkannya adalah melakukan cangkok sumsum tulang belakang, namun cukup sulit mendapatkan pendonor yang tepat.
  • Kifosis, dikenal juga dengan penyakit bungkuk, selain orang tua, anak-anak juga sering kali mengalaminya, namun pada keadaan yang sudah fatal kebungkukan bahkan menimbulkan punuk di bagian belakang tubuh, jika sudah semacam ini tak bisa lagi disembuhkan.

Tulang merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting, selain dijadikan sebagai penopang juga berfungsi untuk memberikan bentuk yang ideal, jadi sudah selayaknya kita menjaganya agar tetap sehat, mengingat beberapa penyakit tulang belakang tak bisa disembuhkan dengan cara yang mudah.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.