Pengunjung Blog



Jenis pH Meter

pH adalah suatu alat yang menggukur tingkat keasaman atau kebasaan pada suatu benda dengan menggunakan skala pH dari 0 hingga 14. Skala pH dari 0 sampai 14 terbagi menjadi 2 bagian skala yaitu

1. Tingkat keasaman dari suatu benda itu memiliki skala pH dari 0 hingga 7
2. Tingkat kebasaan dari suatu benda itu memiliki pH dari 7 hingga 14.

pH meter adalah sebuah alat ukur elektronik yang digunakan untuk mengukur kadar keasaman atau alkalinitas dari sebuah cairan. Umumnya pH meter terdiri dari probe pengukur khusus (elektroda kaca) yang terhubung dengan meter elektronik yang mengukur dan menampilkan hasil pembacaan pH.


Bentuk dari pH meter berkisar mulai dari alat ukur seperti pen yang murah dan sederhana hingga alat ukur laboratorium yang cukup rumi dan mahal dengan koneksi komputer dan beberapa input untuk indikator (ion-sensitive, redox), elektroda referensi, dan sensor temperatur seperti thermoresistor atau thermocouple. bentuk yang lebih murah kadang memerlukan pengukuran temperatur untuk menyetel berbagai variasi pH yang diakibatkan oleh temperatur. Harga jual pH meter sekarang ini ada dengan harga yang terjangkau yang otomatis mengkompensasi untuk temperature itu sendiri.


Berikut ini adalah jenis ph meter dan harga jual pH meter tersebut, diantaranya:

1. pH meter jenis pen KL-081
pH meter jenis ini merupakan alat untuk mengukur pH secara akurat. Alat ini sangat mudah untuk diguanakan yaitu dengan cara mencelupkan ujung pH ke dalam sampel, maka akan segera tampil jumlah ukuran dari cairan tersebut. Alat ukur jenis ini sangat simple dan sederhana, bahkan dapat dimasukkan pada kantong baju anda. Harga jenis pH ini kisaran 1,4 jutaan


2. pH meter air dalam aquarium KL-025W
alat ini digunakan untuk mengukur kadar pHair dalam aquarium maupun kolam yang kecil sekalipun. Bentuknya yang mungil sehingga mudah dan praktis saat digunakan. pH meter jenis ini memiliki layar yang lebar dan bentuk angka pengukuran terlihat lebih jelas. Alat tersebut sudah dibuat secara khusus untuk mengukur air, sehingga sangat kuat jika dicelupkan ke dalam air dalam waktu yang lama sekalipun. Jenis pH meter ini harganya kisaran 1,5 juta.


3. Jenis stick KL-3385
Ph meter jenis ini memiliki layar yang lebih mudah dibaca dengan kalibrasi satu sentuhan. Selain itu di legkapi dengan baterai yang berkapasitas satu setengah volt. Tak hanya itu alat ini juga memiliki sistem kalibrasi dan suhu kompensasi secara otomatis. Banyak yang jual ph meter jenis ini karena mudah untuk digunakan namun harga dari jenis ini cukup mahal kisaran 1,4 juta .


4. pH meter tanah, air dan suhu AMT300
pH meter jenis ini dapat mengukur tiga jenis sekalipun, di antaranya pH tanah, air dan suhu. Sama seperti alat yang lainnya. pH jenis ini dapat memberikan keterangan data mengenai kadar keasaman dan basa. . Jenis pH meter ini harganya berkisar 5,5 juta.


5. pH meter fortable pH-221
pH meter jenis ini di rancang unutk aplikasi khusus di luar ruangan. Terdiri dari berbagai menu built-in yang sangat canggih dan berguna untuk pengukuran yang akurat dan penyederhanaan operasi. Harga jual pH meter ini terbilang tinggi, karena fasilitas yang tersedia juga sebanding dengan harga yang ditawarkan kisaran 7 jutaan


Alat pengukur KL- 025W
Sekarang ini banyak sekali orang –orang yang menggemari ikan hias. Ada yang menyimpan ikan kesayangan mereka di kolam di dalam ataupun di luar rumah mereka, ada pula yang menyimpan ikan hiasnya di dalam akuarium, baik akuarium kecil atau besar. Untuk menjaga agar ikan-ikan mereka tetap hidup, maka yang harus diperhatikan adalah pakan ikan hias tersebut, selain itu juga kita harus memperhatikan air yang ada di akuarium ataupun kolam tersebut, apakah air itu bersih, oksigennya cukup, ataupun apakah tingkat keasaman air tersebut bagus untuk ikan hias tersebut. Maka kita harus mengukur air di dalam akuarium atau kolam tersebut, untuk mengukurnya kita gunakan atat pengukur keasaman yaitu pH meter air.

pH meter air memiliki banyak jenisnya. Salah satu alat pengukur keasaman yang sesuai untuk mengukur air di akuarium atau kolam adalah alat pengukur KL- 025 W.

Pengukur KL-025 W merupakan alat pengukur yang memilik bentuk yang sangat kecil sehingga mudah dan praktis jika di gunakan dan dibawa di dalam saku baju anda.alat pengukur ini memiliki layar yang lebar dan angka pengukurannya terlihat jelas. Selain itu juga alat ini bisa mengukur antara 0,0 – 0,9 pH, selauin itu juga memiliki ketepatan dalam pengukuran kira-kira 0,1 pH, ini dibuat khusus untuk mengukur air. Memiliki suhu operasional mulai dari 0 – 50 derajat celcius, suhu otomatis kompensasinya mulai dari 0 – 50 celcius, memiliki kalibrasi 1 atau 2poin dengan pengukuran auto penyangga, memiliki power supply 6V DC dengan adaptor. Memiliki dimensi 105 mm x 26 mm x 17mm, memiliki berat sekitar 95g, dan resolusinya 0,1 pH. Alat ini dibuat khusus untuk digunakan di air akuarium atau kolam, alat ini bisa tahan lama atau kuat bila dicelupkan di dalam air tersebut.
Penggunan alat pengukur ini sangat mudah yaitu yang pertama celupkan ujung pH meter kedalam air yang akan di uji keasamannya, kemudian hidupkan pH meter air tersebut. Selanjutnya kita tunggu sampai beberapa menit sampai angka di layar stabil atau tidak berubah.

Untuk perawatan alat pengukur ini sangat mudah sekali yaitu dengan menyimpan di suhu ruangan yang sejuk, tidak di ruangan yang panas sebab jika disimpan di ruangan dengan suhu yang akan akan menyebabkan kerusakan pada sensor suhunya, kemudian elektrodanya harus selalu di rendam dengan air DL supaya elektrodanya lembab terus dan tidak kering, selanjutnya penggantian baterai jika baterai sudah habis, kemudian dilakukan pembersihan minimal satu kali dalam seminggu menggunakan cairan khusus untuk alat ini.
Nah, bagi para pecinta ikan hias baik di akuarium ataupun kolam, sekarang anda pasti membutuhkan alat pengukur ini, anda bisa mencarinya di toko-toko yang jual PH meter ini, dengan harga sekitar Rp 1 jutaan lebih , atau anda juga bisa mencarinya di toko-toko online yang jual pH meter jenis ini.


Pengukur keasaman Jenis Stick KL 3385
Pada saat ini kita membutuhkan alat pengukur keasaman air yang kita gunakan sehari-hari .Dengan adanya alat pengukur ini kita bisa mengetahui keasaman air yang kita gunakan. Alat tersebut dinamakan pH meter air. Untuk memudahkan para konsumen , kini sudah tersedia di beberapa toko di Indonesia yang jual pH meter, selain itu juga sudah tersedia di beberapa toko online. Ketika kita ingin membeli alat pengukur keasaman air, kita bisa memilih berbagai jenis alat pengukur keasaman air dengan bentuk-bentuk yang berbeda dan harganya pun disesuaikan dengan jenis dan fitur-fitur yang ada didalamnya.
Salah satu jenis alat pengukur keasaman air adalah alat pengukur pH tipe stick KL- 3385. Alat ini memiliki fitur layar yang mudah dibaca diterangi, kalibrasi satu sentuhan oleh pengguna alat pengukur ini. Alat ukur ini bisa mengukur mulai dari 2,1 – 10,8, memiliki akurasi 0,1, memiliki ketepatan kira-kira sekitar 0,1, memiliki suhu kompensasi secara otomatis, memiliki suhu operasional mulai sari 0 – 50 derajat celcius atau 32 – 122 derajat Fahrenheit, memiliki sumber daya baterai 3 x 1,5 V AA, memiliki dimensi sekitar 415 x 23 mm, dan memiliki berat 191g. selain itu juga alat ini sangat mudah untuk dibawa di saku anda ketika berpergian.

Ketika anda ingin mengetahui bagaimana cara menggunakannya, mudah saja, penggunaannya sama seperti jenis alat pengukur yang lain yaitu yang pertama celupkan ujung pH meter kedalam air yang akan di uji keasamannya, kemudian hidupkan pH meter air tersebut. Selanjutnya kita tunggu sampai beberapa menit sampai angka di layar stabil atau tidak berubah.

Selain itu juga untuk merawat alat pengukur ini, caranya perawatannya sangat mudah yaitu dengan menyimpan di suhu ruangan yang sejuk, tidak di ruangan yang panas sebab jika disimpan di ruangan dengan suhu yang akan akan menyebabkan kerusakan pada sensor suhunya, kemudian elektrodanya harus selalu di rendam dengan air DL supaya elektrodanya lembab terus dan tidak kering, selanjutnya penggantian baterai jika baterai sudah habis, kemudian dilakukan pembersihan minimal satu kali dalam seminggu menggunakan cairan khusus untuk alat ini.

Apabila anda berminat memiliki alat pengukur keasaman ini, anda bisa pergi ke toko-toko terdekat, disana jual PH meter dengan harga sekitar Rp. 1.400.000an. selain itu juga anda bisa mengunjungi situs-situs online yang jual pH meter ini.
Diberdayakan oleh Blogger.