Teknologi Teknologi Umum Wisata
Sabtu, 15 Agustus 2015

Melihat Rancangan Rencana Bisnis yang Sesuai

Finansial memang menjadi salah satu permasalahan umum di kalangan masyarakat kelas menengah ke bawah. Pendidikan yang rendah membuat mereka terpaksa mendapatkan pekerjaan yang juga setara, menjadi buruh atau sekedar pegawai dengan gaji yang minim. Dengan tingkat kebutuhan yang senantiasa meningkat tiap waktunya tak heran jika seandainya banyak yang kemudian mengeluhkan permasalah umum tersebut. Padahal ada banyak cara yang bisa dilakukan bagi mereka untuk keluar dari jerat kemiskinan, misalkan saja dengan memulai membuat usaha sendiri.


Dibandingkan dengan bekerja bersama dengan orang lain mendirikan usaha sendiri jauh lebih menguntungkan, apalagi anda juga bisa menjadi seorang bos bagi diri sendiri. Bisnis memungkinkan kaya dalam jangka waktu yang cepat, namun juga melihat-lihat apakah anda mampu memberikan bisnis yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh masyarakat. Sejalan dengan hal tersebut ternyata memulai sebuah bisnis tak semudah yang dibayangkan, mulai dari membuat rencana bisnis nya dan kemudian menjalankan, misalkan saham dengan pembuatan rencana usaha rumah makan, ada beberapa hal yang harus dibuat:

·         Apa saja alasan atau latar belakang anda tertarik untuk membuat bisnis tersebut, misalkan saja bisnis tersebut dibuat karena memang anda ahli dalam membuat masakan, kemudian melihat dari kecenderungan masyarakat yang memang lebih senang dalam membeli dibandingkan dengan memasak sendiri.
·         Jenis masakan seperti apa yang ingin dijual, selain latar belakang anda juga harus menentukan masakan seperti apa yang nantinya akan dijual, apakah termasuk masakan lokal, oriental atau yang lainnya, untuk lebih mudahnya anda bisa melakukan survey.
·         Bagaimana dengan rencana anggarannya, rumah makan tak hanya membutuhkan biaya untuk bahan saja, paling tidak ada tempat, kemudian juga ada peralatan yang akan digunakan, pegawai dan yang lainnya, kebanyakan diantara para pelaku usaha menyesuaikan hal ini dengan modal yang mereka miliki.

Rencana usaha tersebut bisa anda catat di dalam sebuah pembukuan atau yang lainnya untuk kemudian dijadikan sebagai patokan, usaha yang sudah terencana tersebut biasanya akan jauh lebih berjalan lancar dibandingkan yang tidak, mengingat anda hanya perlu mengikuti apa yang sudah dibuat.

Kebanyakan diantara mereka yang masih pemula di dunia bisnis memang hanya mengandalkan pengetahuan yang minim, tak melalui rencana sehingga tak heran juga usaha tersebut hanya berjalan hingga beberapa waktu kemudian bangkrut. Padahal jika apa yang sudah dipertimbangkan dengan matang bisa jadi lebih mudah, paling tidak akan sesuai dengan harapan anda. Lalu apa saja sebenarnya manfaat dari pembuatan rencana usaha tersebut, berikut ini diantaranya:

·          Membantu anda dalam menyesuaikan anggaran sesuai dengan yang dibutuhkan, sehingga tak ada istilahnya uang yang digunakan hilang atau membeli sesuatu yang kiranya tak bermanfaat untuk digunakan.
·          Melihat prospek ke depannya, penyusunan dari rencana tersebut tentu tak hanya angan-angan melainkan melihat dari kenyataan dengan melakukan survey target market dan sejenisnya, dari sini saja anda sudah bisa meramal apa yang akan terjadi pada usaha tersebut kedepannya.
·         Panduan pembuatan usaha, sebagai panduan, merinci kebutuhan, dan juga melihat resiko mengingat di dalamnya juga ada deskripsi mengenai beberapa kompetitor usaha serupa.

Ternyata tak sekedar rencana bisnis bukan, mengingat juga ada banyak manfaat lain yang bisa anda dapatkan dari sana. Tak hanya bermanfaat untuk usaha besar saja melainkan juga sangat bermanfaat bagi anda yang ingin menjalankan bisnis kecil-kecilan.

  • Blogger Comment
  • Facebook Comment
Copyright © 2012 Ibu Kreatif All Right Reserved. Share on Blogger Template Free Download.