Pengunjung Blog



Penyebab dan Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

 




Biang keringat merupakan masalah kulit yang terjadi akibat sumbatan pada saluran keringat. Bayi berusia balita (di bawah 5 tahun) sering mengalami masalah kulit satu ini. Anda tidak perlu terlalu khawatir karena biang keringat tidak berbahaya apabila segera diatasi. Namun sebelum mengetahui cara mengatasi biang keringat pada bayi, ketahui juga penyebabnya berikut ini:

Penyebab Biang Keringat

Setidaknya ada 5 hal yang bisa memicu terjadinya biang keringat yaitu sebagai berikut:

  1. Kepanasan

Salah satu penyebab utama terjadinya biang keringat adalah kepanasan. Bayi bisa kepanasan karena pakaian terlalu tebal, suhu udara panas, atau menggunakan popok yang kurang tepat.

  1. Iklim tropis

Iklim tropis cenderung memiliki cuaca yang panas dan memicu kelembaban. Hal tersebut juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya biang keringat pada bayi. 

  1. Kelenjar keringat yang belum berkembang

Pertumbuhan dan perkembangan bayi masih terjadi sehingga kelenjar keringat belum berkembang. Kelenjar keringat yang belum berkembang mudah tertahan di kulit, lalu menyebabkan biang keringat.

  1. Obesitas

Penyebab terjadinya biang keringat yang terakhir adalah obesitas atau berat badan berlebih. Apalagi di bagian yang lembab dan area lipatan seperti leher, selangkangan, dan perut.



Cara Mengatasi Biang Keringat

Anda bisa mengatasi biang keringat dengan beberapa langkah berikut ini:

  • Pilih pakaian yang longgar, tidak terlalu tebal, dan mudah menyerap keringat.

  • Gunakan handuk halus yang telah dibasahi air hangat untuk mengeringkan keringat Si Kecil.

  • Jangan menggesek kulit bayi secara berlebihan dengan handuk.

  • Pastikan kulit Si Kecil tetap dingin, misalnya mandi atau kompres.

  • Jaga agar Si Kecil tidak dehidrasi.

  • Gunakan krim atau obat dari dokter.

Itulah pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi biang keringat pada bayi. Selain itu, Anda juga harus memilihkan popok yang tepat untuk Si Kecil. Popok dengan teknologi SAP (Super Absorbent Polymer) dan permukaan rongga udara untuk pertukaran udara bisa meminimalisir terjadinya biang keringat. 

MAKUKU SAP Diapers adalah pilihan popok terbaik untuk Anda. Generasi terbaru dengan teknologi 100% SAP menghadirkan tipe Slim, Pro Care, dan Comfort. Lebih lengkapnya bisa Anda lihat langsung pada website resminya yaitu https://makuku.co.id/.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.