Pengunjung Blog



Alasan Bunda Mengkombinasikan ASI dan Susu Bubuk


Usia balita adalah usia golden age. Di masa inilah, orang tua harus banyak mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Tahun pertama biasanya bayi mendapatkan ASI eksklusif hingga nanti menginjak usianya 1 tahun, ia bisa mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping seperti susu bubuk.

Pemberian susu bubuk memang dilakukan saat anak mulai berusia satu tahun, namun bagaimana jika ada beberapa faktor yang menyebabkan pemberian ASI tidak maksimal? Tentu dibutuhkan tambahan nutrisi berupa susu bubuk pendamping untuk membantu memenuhi nutrisi anak.



  • Alasan Bayi Membutuhkan Tambahan Susu Bubuk

Susu bubuk memiliki nutrisi tambahan untuk membantu melengkapi nutrisi yang dibutuhkan bayi. Ada alasan mengapa anak membutuhkan tambahan susu bubuk :

  • Bila ASI Ibu Tak Mencukupi

Proses menyusui seharusnya menjadi proses yang menyenangkan, karena semakin sering dilakukan, maka produksi ASI akan melimpah, namun seringkali proses menyusui cukup sulit dilakukan karena terpisah lama di rumah sakit, anak tidak menyusu dengan nyaman, dan lainnya.

Saat proses menyusui berjalan lancar sekalipun bisa saja kebutuhan ASI tidak mencukupi untuk bayi. Hal ini bisa terjadi karena usia Bunda tidak lagi muda dan Bunda yang pernah melakukan operasi pada payudara.

Jika anak masih terlihat lapar setelah menyusui, maka bisa saja disebabkan karena pasokan ASI nya rendah. Direktur Cincinnati Children’s Center of Breastfeeding Medicine, Sheila Geraghty, MD menyarankan untuk meningkatkan suplai ASI, Bunda bisa memompa payudara.

  • Saat Bunda Butuh Istirahat Lebih

Banyak Bunda yang kelelahan saat mengurus bayi. Tak jarang Bunda harus begadang untuk memberikan ASI pada anak. Kelelahan juga bisa berpengaruh pada produksi ASI. Jika memang Bunda membutuhkan waktu istirahat, Bunda bisa memberikan susu bubuk sekali saja di malam hari. Bunda bisa meminta bantuan Ayah untuk membantu mengurus si kecil agar Ayah semakin dekat dengan si kecil.

  • Tak Ada Tempat Memerah

Saat kembali bekerja, tentu menjadi tantangan tersendiri untuk Bunda, dimana kadang kantor tidak menyediakan ruangan khusus untuk memerah ASI. Jika begini, Bunda bisa menyiasatinya dengan memberikan ASI sebelum berangkat ke kantor, jangan lupa siapkan ASI cadangan. Jika kurang berikan susu bubuk sesekali.

Yuk, eksplorasi momen minum susu yang seru dengan memilih susu bubuk yang baik untuk tumbuh kembang anak dan memiliki gizi seimbang seperti Dancow. Pilih varian Dancow Nutritods yang khusus diformulasikan untuk anak-anak dengan formula 0 gram sukrosa dengan laktosa lebih banyak. Selain itu Dancow Nutritods juga memiliki kandungan kalsium dan Omega baik 3 dan 6.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.