Pengunjung Blog



Sebelum Memberikan Resep MPASI 6 Bulan Pertama, Ketahui Dulu Pantangannya!

resep MPASI 6 bulan pertama

Memiliki anak merupakan satu anugerah yang sangat indah dari Tuhan untuk tiap pasangan. Segalanya akan disiapkan sebaik mungkin untuk menyambut kelahiran si buah hati. Termasuk rencana resep MPASI 6 bulan pertama untuk buah hati tersayang. Namun sayangnya, masih banyak ibu baru yang menemui kesulitan untuk mempersiapkan resep MPASI 6 bulan pertama. Hal tersebut disebabkan oleh minimnya pengalaman. 

Tapi, Anda tidak perlu khawatir berlebihan, karena saat ini jaman sudah canggih dan ragam kebutuhan bisa dicari melalui internet. Dengan adanya internet tentu akan lebih membantu untuk mencari ragam resep MPASI untuk buah hati. Dan kebanyakan resep yang ditampilkan umumnya adalah resep dengan bahan-bahan alami, atau bahan-bahan yang banyak Anda temukan di lingkungan rumah.  

resep MPASI 6 bulan pertama

Usahakan sebisa mungkin untuk membuat sendiri makanan pendamping ASI sendiri di rumah. Tapi kalau tidak sempat, Anda bisa membeli bubur langsung jadi, namun harus tetap memperhatikan bahan-bahan yang  dikandung. 

Jangan berikan bayi makanan yang mengandung gula berlebih dan penyedap rasa. Karena bayi usia 6 bulan belum saatnya untuk dikenalkan dengan kedua bahan tersebut. Bukan tanpa sebab, karena kedua bahan tersebut dapat mengganggu metabolisme bayi bahkan dapat membuat bayi ketergantungan.

Hindari Hal Ini Sebelum Memberikan Resep MPASI 6 Bulan Pertama 

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda ikuti beberapa saran berikut. Agar bayi Anda tidak ketergantungan gula dan bumbu penyedap. Adapun hal-hal penting yang harus Anda hindari adalah :

Jangan pernah memberikan bayi makanan yang terdapat biji-bijian dan makanan berukuran kecil yang beresiko menyebabkan bayi tersedak, seperti kacang, permen, jagung.

Bila tidak sempat untuk membuat resep MPASI, maka sebaiknya jangan membeli makanan cepat saji sembarangan. Meskipun dianggap lebih praktis, namun tidak ada salahnya untuk mengecek kandungan yang ada dalam makanan siap saji. 

Carilah bubur MPASI yang sudah sesuai dengan anjuran dokter. Seperti Cerelac contohnya. Bubur untuk bayi yang sudah terjamin akan kandungannya dan juga nilai gizinya.

Dengan seringnya bayi mengkonsumsi makanan, maka ASI yang dikonsumsinya pun akan semakin sedikit. Dimana biasanya bayi dapat mengkonsumsi sekitar 800 ml susu saat umurnya mencapai 6 bulan. Kemudian, akan menurun menjadi sekitar 600 ml saat bayi mencapai umur 1 tahun.

Hal tersebut karena semua kebutuhan nutrisi untuk sudah terpenuhi dari makanan-makanan yang didapatnya. Namun demikian bukan alasan Anda untuk menghentikan ASI, karena sudah menjadi aturannya bahwa ASI harus diberikan sampai bayi berusia 2 tahun. Tapi resep MPASI 6 bulan pertama disiapkan yah, agar kebutuhan nutrisinya tetap terjaga.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.