Pengunjung Blog



6 Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Berlian Bersertifikat

 

Sertifikat berlian merupakan dokumen yang diberikan ketika Anda membeli sebuah berlian asli. Adanya sertifikat ini mampu menunjukkan bahwa berlian yang Anda beli terjamin keasliannya. Oleh sebab itu sangat penting bagi Anda membeli perhiasan berlian bersertifikat. Pasalnya saat ini ada banyak sekali perhiasan berlian replika yang dijual dengan harga tinggi menyerupai berlian asli. Anda tidak mau bukan jika berlian yang dibeli ternyata palsu?

Ada beberapa lembaga yang mengeluarkan sertifikat berlian, salah satunya yaitu GIA (Gemological Institute of America). Di dalam sertifikat tersebut terdapat banyak informasi yang bisa membantu Anda memilih perhiasan berlian terbaik. Agar lebih mengenal sertifikat berlian, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

Dikeluarkan Oleh Badan Resmi Penelitian dan Penilaian Berlian

Ada cukup banyak badan penelitian resmi yang bertugas meneliti dan menilai berlian. Selain GIA, ada beberapa lembaga lainnya seperti EGL dan AGS. Lembaga tersebut merupakan lembaga yang kredibel dan memiliki pengalaman dalam menilai berlian. Selain itu, masyarakat di seluruh dunia juga percaya dengan penelitian dan penilaian yang dihasilkan.

Berisi Kelas dan Atribut

Sertifikat berlian berisi mengenai kelas atau klasifikasi dan juga atribut. Kelas menampilkan beberapa hal seperti berat karat, nilai pada warna, nilai potongan, dan lain sebagainya. Informasi pada kelas tersebut dibutuhkan untuk menentukan kualitas sebuah perhiasan. Ada Ahli Gemologi yang akan bertanggung jawab terhadap isi sertifikat yang dikeluarkan.

Berisi Diagram

Tidak hanya kelas dan atribut, sertifikat pada berlian bersertifikat juga berisi diagram. Biasanya terdapat dua macam diagram yaitu Diagram Referensi dan Diagram Proporsi. Diagram Referensi bisa digunakan untuk mengidentifikasi tanda cacat yang mungkin ada pada sebuah berlian. Sedangkan Diagram Proporsi bisa digunakan sebagai bahan analisis berlian berdasarkan angka yang ada di dalam tabel dan kedalam (%). 

Berisi Nomor, Jenis, dan Ukuran Berlian

Sertifikat berlian akan menampilkan tiga laporan penting yang meliputi nomor, jenis, dan ukuran berlian. Selain melalui sertifikat fisik, Anda juga bisa melihat dan memverifikasi ketiga laporan tersebut melalui website laboratorium gemology. Pada jenis atau karakteristik, Anda bisa mengetahui informasi mengenai berlian seperti bentuk batu, dimensi fisik, dan bentuk potongan.

Penilaian Dilakukan dari Hasil Penelitian

Penilaian yang dicantumkan dalam sertifikat berlian diperoleh dari hasil penelitian laboratorium. Jadi nilainya akurat dan tidak berdasarkan penilaian secara subjektif. Ketika sudah diteliti dan mendapatkan banyak data mengenai berlian, ada dua faktor penting yang menjadi acuan yaitu simetri dan polesan. Kedua hal tersebut menjadi faktor penting yang akan memengaruhi keindahan dan daya tarik berlian. 

Keamanan dan Tanda Keaslian

Bagian terakhir pada sertifikat akan menampilkan fitur keamanan dimana bisa menjadi penanda bahwa berlian telah melewati banyak tahap sehingga dijamin keasliannya. Pada umumnya tanda keamanan dan keaslian ini diberikan melalui bentuk hologram. Di bagian luar, tanda keaslian berupa kode produk universal atau stempel yang timbul. Beberapa laboratorium juga melayani verifikasi online sehingga lebih mudah memverifikasi keasliannya.

Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai perhiasan berlian bersertifikat. Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa sertifikat merupakan dokumen yang sangat penting saat Anda ingin membeli berlian asli. Salah satu toko perhiasan yang menjual berlian dengan sertifikat adalah Mondial Jeweler. Toko perhiasan ini terdiri dari dua brand yaitu Mondial dan Miss Mondial.

Seluruh perhiasan yang ditawarkan dijamin keasliannya sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk membelinya meskipun secara online. Selain asli, keunggulan perhiasan dari Mondial Jeweler yaitu modelnya yang unik dan beragam. Langsung kunjungi store resminya apabila Anda berminat menambah koleksi perhiasan berlian. Sedangkan untuk melihat koleksi perhiasannya, Anda bisa mengunjungi website mondialjeweler.com.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.