Pengunjung Blog



Minuman dan Makanan untuk Ibu Hamil Muda

Makanan untuk Ibu Hamil Muda

Ibu hamil, khususnya pada trimester pertama, harus pandai dan cermat di dalam memilih jenis makanan dan minuman. Terkait hal tersebut, ada cukup banyak jenis minuman maupun makanan untuk ibu hamil muda yang bisa Anda konsumsi setiap hari. Makanan sehat sendiri, tidak sulit didapatkan. Bahkan, makanan-makanan tersebut bisa Anda dapatkan secara mudah di warung-warung tradisional.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda



Ada banyak sekali jenis makanan untuk ibu sehat yang bisa Anda pilih dan konsumsi setiap hari. Adapun makanan-makanan tersebut di antaranya seperti:

1.  Daging Ikan

Daging kan memiliki kandungan protein dan asam lemak omega 3. Kandungan tersebut sangat bagus untuk perkembangan saraf janin dan juga perkembangan otak. Ikan yang bisa Anda konsumsi diantaranya seperti tuna, salmon, nila, kembung, ikan lele, mujair, dan ikan mas.

2.  Telur, Daging Ayam dan Daging Sapi

Telur, daging ayam, dan daging sapi, adalah salah satu jenis makanan yang dibutuhkan juga oleh ibu hamil. Ketiga makanan ini mengandung vitamin B, zat besi, dan berbagai kandungan lain yang bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil maupun janin yang ada di dalam kandungan.

3.  Buah-Buahan

Jangan lupa juga untuk mengonsumsi aneka buah-buahan untuk menjaga kesehatan tubuh. Ada banyak jenis buah-buahan yang bisa Anda konsumsi, mulai dari jeruk, mangga, melon, pepaya, dan masih banyak lainnya. Anda boleh mengonsumsi 5 porsi buah dengan warna yang berbeda setiap hari.

4.  Sayuran Hijau

Konsumsi juga berbagai jenis sayuran hijau. Karena, sayuran hijau kaya akan kalsium, serat folat, zat besi, kalium, vitamin K, vitamin C, dan juga antioksidan. Kandungan tersebut dapat membantu mencegah sembelit pada masa-masa kehamilan. Selain itu, diklaim juga dapat menurunkan risiko bayi yang lahir dengan berat badan yang rendah.

5.  Kacang-Kacangan

Jangan lupa juga untuk mengonsumsi kacang-kacangan untuk memenuhi kebutuhan folat. Ada banyak jenis kacang seperti kacang tanah, lentil, kacang polong, kacang kedelai, dan kacang panjang. Kandungan folat yang ada pada kacang-kacangan akan mencegah bayi lahir cacat.

Minuman Untuk Ibu Hamil Muda


Selain makanan, ada juga banyak jenis minuman yang bisa Anda konsumsi setiap hari. Yaitu susu dan juga jus yang Anda buat dari sayuran maupun buah-buahan. Susu adalah minuman yang bagus untuk kesehatan. Susu memiliki kandungan yang tinggi kalsium. Selain itu, ada cukup banyak kandungan lain yang bermanfaat juga bagi ibu hamil pada segelas susu yang Anda minum.

Selain susu, Anda juga bisa membuat jus dari buah maupun sayuran. Keduanya akan membantu Anda dalam menjaga kesehatan tubuh dan juga janin di dalam kandungan.

Nah, itulah berbagai jenis jenis minuman dan makanan untuk ibu hamil muda. Semoga informasi di atas, membantu Anda dalam memilih makanan yang sehat dan sesuai kebutuhan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.