Pengunjung Blog



Perubahan yang Terjadi Pada Ibu Hamil di Trimester Kedua

Ibu Hamil
Ibu hamil yang memasuki Trimester kedua (4-6 bulan) biasanya sudah mulai mendapatkan energinya kembali untuk beraktifitas seperti biasa, karena beberapa perubahan di Trimester pertama sudah tidak terjadi lagi.

Akan tetapi, ibu hamil akan mengalami perubahan-perubahan baru sebagai wujud dari adanya perkembangan di Trimester kedua ini. Dengan mengetahui perkembangan apa saja yang akan muncul di Trimester kedua ini, anda akan lebih siap menghadapinya.

Beberapa perubahan pada Ibu hamil Trimester kedua:

Ibu Hamil

1. Perut bertambah besar


Memasuki usia 4 bulan, janin sudah tumbuh makin besar sehingga perut Anda juga harus berkembang membesar untuk memfasilitasinya serta adanya tonjolan perut yang mulai nampak jelas sekali yang memungkinkan anda untuk memakai baju hamil.Berat badan Anda juga akan naik pada trimester 2, Anda mungkin akan menambah berat badan sebesar 1,5-2 kg per bulannya. 

2. Adanya stretch mark


Semakin bertambah besarnya tubuh ibu, tentunya juga menimbulkan perubahan pada permukaan kulit. Seiring dengan kenaikan berat badan dan perkembangan perut kulit akan meregang sehingga muncullah stretch mark. Stretch mark cenderung muncul pada perut dan payudara ibu hamil.

3. Sakit punggung


Selama trimester kedua nyeri punggung seringkali dirasakan karena tubuh menopang berat badan yang lebih besar dari biasanya dalam waktu yang cukup lama.Untuk mengurangi nyeri tersebut, biasakan duduk tegak dan gunakan kursi yang punya senderan kokoh untuk punggung Anda saat duduk. sebaikmya anda tidak membawa barang berat dan menghindari menggunakan high heels.

4. Kram pada kaki


Perubahan hormon, perubahan berat badan, dehidrasi serta kelelahan dapat memicu kram kaki pada sebagian ibu hamil yang sering terjadi pada saat malam hari. Hal ini bisa diatasi dengan merendam kaki pada air hangat serta memijat kaki dengan perlahan.

5. Payudara membesar


Di trimester 2 ini payudara terlihat makin besar karena hormon hamil terus memicu kelenjar susu untuk bertumbuh dan bersiap memproduksi ASI, warna area puting payudara juga akan menjadi lebih gelap dan disertai tonjolan-tonjolan kecil yang merupakan kelenjar untuk mengeluarkan zat berminyak agar puting ibu hamil tidak mengering.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.