Pengunjung Blog



Apakah Benar Powerbank Bisa Merusak Smartphone?

Sumber gambar: Shopee
Hampir setiap dari pada kita bergantung pada powerbank untuk mengisi daya baterai smartphone dalam keadaan darurat. Teknologi canggih ini sangatlah berguna, apalagi jika kamu sering traveling ke lokasi terpencil di mana sulit untuk menemukan socket listrik. Terlepas dari segala manfaatnya, tahukah kamu bahwa penggunaan powerbank yang tidak sesuai dapat merusak perangkat alat elektronikmu? Itu sebabnya, kamu perlu lebih teliti dalam membeli powerbank. Pastikan powerbank tersebut memiliki kapasitas yang sesuai dengan baterai smartphone kamu.

Nah, agar smartphone kamu dapat tetap bekerja dengan baik meski sering menggunakan powerbank, yuk simak dampak dan cara menghindarinya!

1. Merusak Baterai
Sebelum membahas lebih jauh kamu perlu mengerti terlebih dahulu bahwa powerbank bekerja sama halnya dengan pengisian baterai menggunakan charger smartphone biasa. Perbedaannya ada pada daya yang dihasilkan powerbank sering kali naik turun, alias tidak stabil. Nah, ketika smartphone mendapatkan aliran listrik yang tidak sesuai dengan kapasitas aslinya, maka kondisi ini dapat merusak fungsi baterai pada smartphone kamu. Itu sebabnya, sebelum membeli powerbank, sebaiknya kamu pastikan terlebih dahulu bahwa daya pada charger portable sesuai dengan smartphone yang kamu miliki. Hal ini bisa kamu lakukan dengan melihat buku panduan smartphone atau cek tulisan yang menempel pada baterai. Mudah, bukan?

2. Merusak Perangkat Lain
Selain dapat mengganggu daya kerja baterai, penggunaan powerbank yang tidak sesuai juga mampu merusak perangkat smartphone lainnya, seperti IC charger, IC power, dan lainnya. Untuk itu, kamu disarankan tidak menggunakan powerbank secara rutin dan dalam waktu yang lama, ya. Akan lebih baik lagi jika kamu menggunakan powerbank dalam keadaan darurat saja. Nah, detika daya baterai sudah sedikit terisi, segera cabut powerbank dan cari soket listrik untuk disambungkan dengan charger. Dengan begitu, smartphone kamu tidak mudah rusak dan tetap awet dalam waktu yang lama.
Rekomendasi Powerbank Terbaik 2018!

Well, saat ini ada banyak sekali pilihan powerbank berkualitas yang dijual di pasaran. Namun, tidak semua produk tersebut memiliki kualitas yang bagus. Nah, faktor harga juga perlu menjadi pertimbangan tersendiri. Sebaiknya hindari membeli powerbank dengan harga yang terlalu murah, karena kemungkinan produk tersebut palsu. Lalu, powerbank seperti apa yang tidak merusak perangkat smartphone? Powerbank Asus ZenPower Max sangatlah kami rekomendasikan.

Memiliki desain ramping, powerbank ini didukung baterai berkapasitas 26,800 mAh dan dilengkapi dua port konektor dengan fitur isi ulang cepat, yaitu Qualcomm Quick Charge 2.0 dan tambahan port USB Type-C. Teknologi Qualcomm ini memungkinkan ZenPower Max melakukan pengisian lebih dari dua perangkat sekaligus secara langsung. Selain itu, powerbank keluaran Asus ini juga didukung dengan adapter khusus yang dapat mengisi baterai pada ZenPower Max hingga penuh hanya dalam waktu 5,5 jam. Menariknya lagi, powerbank ini juga bisa kamu gunakan untuk mengisi daya smartphone serta laptop kesayanganmu dalam waktu yang bersamaan.

Asus juga melengkapi powerbank ZenPower Max dengan sejumlah fitur pengaman tambahan seperti pengaman temperatur, pengaman arus pendek, pengaman reset, pengaman voltasi keluar berlebihan, pengaman input reserve direction, pengaman pengisian daya berlebihan, pengaman voltase keluar, pengaman cell PTC, dan pengaman adaptor. Menariknya lagi, powerbank ini juga dilengkapi dengan lampu LED yang dapat dimanfaatkan sebagai senter.

Itu dia dampak negative dan cara menghindari kerusakan smartphone akibat penggunaan powerbank yang tidak sesuai. Terlepas dari segala resikonya, kamu bisa kok menggunakan powerbank tanpa harus merusak perangkat smartphonemu. Caranya adalah dengan menghindari pemakaian smartphone ketika sedang tersambung dengan powerbank. Selain itu, jangan lupa untuk melepas powerbank ketika kapasitas baterai sudah di atas 20% dan yang paling penting cabut ketika baterai penuh. Ini dapat menghindari baterai smartphonemu jadi mudah bocor. Semoga informasi ini membantu, ya!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.