Pengunjung Blog



International University Memberikan Sistem Pelayanan Publik Lengkap

International University Memberikan Sistem Pelayanan Publik Lengkap
Julukan sebagai International university tidak membuat UI bangga dan melupakan masyarakat. Justru UI berusaha lebih dekat kepada masyarakat agar meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap UI. Kepercayaan masyarakat yang tinggi dianggap sebagai tonggak bagi terciptanya peningkatan kualitas UI hingga bertaraf Intrnational. 

Masyarakat sebagai pengguna jasa pendidikan yang disediakan oleh UI ini dianggap memiliki peranan yang sangat penting dalam terciptanya iklim pendikan yang lebih kondusif. Kedekatan dengan masyarakat ini dibangun dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat dan membuat sistem pendidikan yang transparan. Salah satunya adalah UI menyediakan perangkat informasi yang bisa diakses oleh masyarakat luas. Keberadaan teknologi ini mempermudah masyarakat untuk bisa mengakses segala jenis kebutuhan informasi yang terjadi pada UI.

Sistem yang diberikan berupa transparansi informasi tentang UI yang dapat diperoleh dengan mudah. Salah satunya dengan menyediakan formulir delik aduan yang dapat diisi oleh masyarakat luas. Delik aduan ini berfungsi sebagai pengontrol aktivitas semua civitas akademika dalam bermasyarakat. 

Misalnya jika ada sebuah penyalahgunaan wewenang dan kekuasaan civitas akademika di masyarakat, masyarakat dapat melaporkannya langsung dengan menggunakan formulir delik aduan yang dapat diperoleh dengan mudah oleh masyarakat melalui media online. 

Hal ini akan semakin memperkuat citra UI sebagai International University yang sangat bersahabat dengan masyarakat. Tanpa adanya kontrol langsung dari masyrakat akan sangat sulit untuk mewujudkan sebuah universitas yang lebih sehat.

Citra UI sebagai International University ini akan luntur jika UI tidak pernah meningkatkan peranan masyarakat dalam seluruh kegiatan civitas akademika dari luar kampus. Pengawasan secara internal saja di rasa belum cukup untuk terus membuat UI bisa meningkatkan kualitasnya sebagai universitas bertaraf Internasional. 

Sehingga UI merasa perlu untuk terus membangun kedekatan khusus dengan masyarakat serta meminta peran aktif masyarakat dalam melakukan pengawasan terhadap akademika baik di dalam maupun di luar kampus. 

Hal seperti ini sangat penting dalam meningkatkan kualitas program pengajaran di kampus UI dan juga meningkatkan peran aktif akademis UI dalam bermasyarakat. Sehingga program pengajaran tidak hanya sebatas teori dan hilang begitu saja. Akan tetapi memiliki peran dalam kehidupan masyarakat.
Diberdayakan oleh Blogger.