Pengunjung Blog



7 Kiat Sukses dalam Membeli Properti Impian Anda

Terkadang, mencari sebuah rumah atau apartemen untuk dibeli atau disewa dengan harga yang terjangkau di kawasan hunian elit ataupun investasi properti yang dijamin memberikan keuntungan adalah hal yang mustahil. Terlebih lagi, beberapa orang menganggap bahwa mereka tidak memiliki kemampuan untuk menjangkau hunian impian mereka, sehingga memutuskan untuk tetap menyewa rumah dengan harga yang tidak bersahabat atau tetap tinggal di rumah yang tidak sesuai dengan impian mereka. Denganbermodal sedikit niatan untuk mencari properti yang tepat, Anda mungkin dapat menemukan rumah impian Anda dengan harga yang bersaing. Berikut adalah 7 kiat sukses dalam membeli properti Impian Anda.


1. Menggunakan Jasa Agen Properti

Menemukan hunian impian melalui jasa agen properti lebih memungkinkan jika dibandingkan dengan mencarinya seorang diri, terutama bagi Anda yang belum pernah membeli properti. Anda mungkin saja membeli rumah tanpa menggunakan jasa perantara apapun, tetapi perlu diingat bahwa hal ini menjadi sulit dan dapat menimbulkan kerugian jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam hal ini. Agen properti mampu menemukan hunian terbaik yang Anda inginkan dengan harga terjangkau, sehingga Anda tidak perlu khawatir karena salah membeli atau hal-hal yang serupa.


2. Menggunakan Layanan Pemberitahuan e-mail

Salah satu cara paling ampuh dalam mencari rumah untuk disewa atau dibeli adalah mengetahui informasi penawaran rumah terkait sedini mungkin. Salah satu cara untuk melakukan hal ini dan memastikan Anda agar dapat tetap bersaing dengan pencari properti lainnya adalah dengan melakukan pencarian properti melalui website real estate seperti rumah.com, yang memungkinkan Anda untuk menyimpan informasi terakhir dari pencarian Anda dan mendaftarkan diri pada layanan pemberitahuan e-mail untuk mengetahui informasi terbaru seputar properti. Jika Anda menggunakan layanan pemberitahuan e-mail ini pada smartphone Anda, maka Anda dapat langsung terhubung untuk melihat daftar penawaran hunian-hunian terbaru, tepat setelah informasi penawaran diterbitkan. Pastikan Anda membaca pesan pemberitahuan ini dan tidak menandainya sebagai spam pada e-mail Anda, karena hal ini dapat menyebabkan Anda untuk kehilangan kesempatan dalam membeli properti impian Anda.

3. Jadikan yang Lebih Terjangkau sebagai Pilihan

Anda mungkin saja memiliki pilihan terbaik atas rumah idaman Anda. Tetapi, jika permintaan akan rumah yang serupa dengan pilihan Anda tergolong tinggi dan harganya mahal, maka sebaiknya Anda mencari alernatif pilihan terbaik. Anda bisa saja lebih cocok dengan pilihan alternatif ini, ditambah lagi dengan harganya yang lebih terjangkau. Pilihan properti alternatif ini memang tidak akan sama dengan pilihan terbaik Anda sebelumnya, tetapi pilihan alternatif ini masih dapat memenuhi kebutuhan utama Anda. Beberapa properti alternatif seperti ini mungkin berada dekat dengan rumah impian Anda. Walaupun Anda harus mengorbankan keinginan pribadi Anda, pilihan ini akan sama baiknya dengan pilihan terbaik Anda sebelumnya, bahkan dapat menghemat lebih banyak uang.


4. Mencari Hunian di Kawasan yang Tidak terlalu Dikenal

Properti hunian yang berada dekat dengan kawasan pantai cukup populer, tetapi permintaan yang tinggi akan hunian yang demikian menyebabkan harganya melambung tinggi. Dengan melihat dan mencari informasi di daerah sekitar, Anda mungkin dapat menemukan hunian yang tepat dengan harga yang lebih terjangkau, yang sama baiknya dengan hunian di daerah pariwisata, walaupun berada di kawasan yang tidak terlalu dikenal. Seperti yang dilansir oleh Algarve Daily News, di Portugal terdapat banyak orang yang melakukan hal demikian agar memiliki rumah kedua. Anda memang perlu berpergian lebih jauh atau melakukan usaha lebih untuk melakukan hal ini. Namun, rumah ini bisa menjadi pilihan menyenangkan yang dapat memenuhi impian Anda.


5. Mencari Informasi melalui Relasi Anda

Sama halnya dengan mencari kerja, usaha untuk menemukan rumah idaman mengharuskan Anda untuk berhubungan dengan relasi-relasi Anda, karena Anda tidak akan pernah mengetahui siapa yang dapat membantu Anda untuk menemukannya. Sebagai contoh, teman dari teman Anda hendak menjual rumah mereka dengan segera. Jika ia mengetahui bahwa Anda sedang mencari rumah, maka Anda mungkin menjadi orang pertama yang akan mendapat penawaranbaik ini. Jika kolega Anda mendengar bahwa Anda mencari hunian untuk disewa, serta seorang diantara mereka akan pergi untuk waktu yang lama sehingga ia perlu menyewakan rumahnya, maka Anda dan kolega anda dapat saling memberikan keuntungan. Beritahukan kepada relasi-relasi Anda bahwa Anda sedang mencari informasi properti sebanyak mungkin, karena mereka mungkin dapat membantu Anda.


6. Mencari Hunian Lawas untuk Diperbaiki

Situs BiggerPockets berpendapat bahwa hunian lawas yang membutuhkan perbaikan biasanya dijual dengan harga yang murah. Pilihan ini cocok bagi Anda yang memiliki pengalaman dalam melakukan perbaikan rumah karena ongkos yang dikeluarkan akan jauh lebih sedikit. Perhitungkan berapa biaya yang diperlukan untuk perbaikan lalu tambahkan sedikit lagi biaya untuk berjaga-jaga. Bandingkan perhitungan ini dengan jumlah pembayaran hipotek dari hunian baru untuk mengetahui pilihan yang paling murah atau yang pelunasannya paling cepat.


7. Membeli Rumah dari Perseorangan

Selain menggunakan jasa agen properti, Anda juga bisa memperoleh properti impian anda denga n membelinya dari perseorangan yang menawarkan rumahnya melalui situs jual beli rumah. Orang-orang seperti ini umumnya ingin segera menjual rumah mereka dan bersedia untuk menjualnya dengan harga yang lebih murah. Dengan cara ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakan jasa agen properti. Cara ini memang beresiko, tetapi sebanding dengan keuntungan yang didapatkan asalkan Anda memahami cara-caranya.

Menemukan properti impian Anda dengan harga yang terjangkau tidak semudah yang dibayangkan dikarenakan segala perubahan yang terjadi pada pasar jual beli rumah dan meningkatnya permintaan akan hunian. Dengan menggunakan 7 kiat sukses diatas, mencari dengan seksama, dan mengambil resiko, Anda bisa mendapatkan penawaran rumah impian yang Anda tunggu-tunggu.
Diberdayakan oleh Blogger.