Teknologi Teknologi Umum Wisata
Kamis, 28 Januari 2016

Mengatur Keuangan Keluarga Dengan Pendapatan Yang Minim


Mengatur keuangan keluarga sangatlah penting. Sebab dengan mengaturnya secara baik maka arus keuangan dalam keluarga akan menjadi lancar. Jika lancar tentu saja seluruh anggota keluarga tak akan hidup dalam kesusahan. Akan tetapi tak semua orang memiliki keberuntungan dengan mendapatkan gaji yang besar. Sebagian dari mereka justru memiliki pendapatan kecil dan bahkan sangat minim untuk menghidupi seluruh keluarganya. Apakah Anda adalah salah satunya? Jika memang benar, ada baiknya Anda membaca tips berikut ini tentang cara mengatur keuangan dengan gaji yang minim.

Gaji yang minim adalah gaji yang diperoleh dengan kisaran dua hingga tiga juta rupiah. Untuk mengatur gaji yang minim tersebut demi kehidupan satu keluarga, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut :
  1. Sisihkan maksimal 30% dari pendapatan untuk menabung. Tabungan ini bisa dipergunakan untuk perencanaan jangka panjang ataupun untuk perencanaan kebutuhan mendadak. Contoh kebutuhan mendadak antara lain rumah yang tiba-tiba rusak karena cuaca. Sedangkan contoh kebutuhan jangka panjang adalah biaya pendidikan
  2. Sedangkan untuk kehidupan rutin sehari-hari disarankan Anda menggunakan sebesar 50% saja. Kebutuhan sehari-hari ini tentu saja untuk makan dan keperluan harian. Misalnya saja transportasi.
  3. Sisihkan 20% untuk rekreasi. Meskipun pendapatan minim tetapi Anda juga perlu kegiatan refreshing untuk menyegarkan pikiran Anda. Tak perlu pergi ke objek wisata mahal. Cukup di taman kota saja sudah baik.
Bagaimana dengan 10% sisanya? Anda bisa menggunakannya untuk beramal, Ingat! Di dalam semua agama selalu saja diajarkan kebaikan, salah satunya adalah dengan cara beramal. Sekarang sudah tahu bukan bagaimana cara mengelola keuangan keluarga. Jika dibaca ternyata sangat mudah bukan? Anda bisa mengubah setiap presentase kebutuhan sesuai dengan kemampuan dan prioritas kebutuhan Anda.

Begitulah cara mengatur keuangan keluarga dengan penghasilan yang minim. Semoga adanya informasi ini bisa berguna untuk Anda. Terpenting dari cara mengelola pendapatan yang minim ini adalah dengan tetap rutin menabung. Selain itu tetaplah untuk menjalankan hidup hemat dan sehat. Pastikan untuk selalu mendahulukan prioritas daripada keinginan. Selamat mencoba tips ini dan semoga berhasil.
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment
Copyright © 2012 Ibu Kreatif All Right Reserved. Share on Blogger Template Free Download.