Pengunjung Blog



Mengatasi Mahalnya Biaya untuk Sekolah Penerbangan

Tantangan menjadi seorang pilot cukup banyak. Profesi yang bergengsi ini mengharuskan Anda mempunyai kesehatan fisik sempurna, mental kuat, dan tentu saja, kepintaran otak yang tinggi. Namun ketiga hal itu saja tidak cukup. Anda juga harus bersiap dengan biaya pendidikannya yang tak murah. Bahkan sekolah yang mengklaim sebagai sekolah pilot murah sendiri mempunyai biaya yang relatif lebih tinggi dibandingkan sekolah umum.

Untuk menjadi seorang pilot, Anda akan membutuhkan biaya yang tak kurang dari Rp500 juta. Ini tentu bukan jumlah uang yang dimiliki oleh sebagian besar orang Indonesia. Hal ini wajar saja kalau Anda mengingat bahwa Anda harus membayar:

  • Biaya latihan untuk menggunakan pesawat dan simulator, yang paling banyak menguras dana.
  • Biaya untuk instruktur yang terlatih dan berpengalaman.
  • Biaya ujian, dari ujian untuk mendapatkan lisensi hingga tes seperti TOEFL/IELTS.
  • Biaya akomodasi di asrama, termasuk juga untuk makan dan seragam kadet Anda.
Melihat hal seperti ini, sudahkah Anda siap dengan biayanya? Kalau Anda tidak mampu untuk membayarnya, Anda punya alternatif seperti:

    1.       Mencari sekolah penerbangan murah yang disubsidi oleh pemerintah
Sekolah-sekolah ini cukup bisa dengan mudah Anda cari di internet maupun dari rekomendasi sekolah. Beban biaya Anda sudah terpotong setidaknya separuh, membuat Anda lebih mudah untuk membayar sisanya.
    2.       Mencari beasiswa
Bila Anda adalah siswa berprestasi, cari saja beasiswa yang biasanya disponsori oleh maskapai-maskapai tertentu. Setelah lulus nantinya, Anda akan dikontrak kerja di sana dalam periode waktu tertentu.
    3.       Pinjaman
Beberapa sekolah penerbangan memberikan siswanya student loan, terutama yang telah kerja sama dengan bank tertentu. Anda bisa dapat pinjaman sekitar Rp250 juta hingga Rp300 juta, dan bisa dicicil setelah bekerja dari gaji Anda.

Karena mencari sekolah pilot murah adalah hal yang gampang-gampang susah, sekalian saja Anda mencari sekolah yang memang sudah berpengalaman dan punya reputasi bagus. Java Europe Flight School, misalnya, adalah sekolah penerbangan hasil kerja sama antara Indonesia dan Eropa, dan mempunyai fasilitas sangat lengkap. Anda akan mendapatkan kesempatan untuk sekolah dan bekerja di luar negeri setelah lulus.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.