Teknologi Teknologi Umum Wisata
Kamis, 13 Agustus 2015

Cara-cara Menangani Kelainan Pada Tulang Belakang


Tak ada yang suka jika memiliki kelainan di tulang belakang alias skoliosis. Tidak hanya membuat hidup lebih sulit dan menjadi obyek tatapan ingin tahu dari orang-orang, tetapi juga mengalami berbagai masalah kesehatan seperti gangguan pernapasan lantaran tulang yang tumbuh tak normal. Untuk itulah, selama masih belum parah, kenali tanda-tandanya dan segera tangani penyakit ini.

Berbicara tentang penanganannya, ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi penyakit tulang belakang ini, yaitu :
1. Pemeriksaan
Bagi Anda yang mempunyai kelainan tulang ringan, dengan kemiringan tidak lebih dari 20o, pengobatan tidaklah perlu. Anda bisa beraktivitas normal, meski harus memeriksakan diri teratur ke ortopedi setiap 6 bulan sekali.
2. Penyangga
Bila kemiringan tulang belakang sedang (25-40o), Anda akan memerlukan penyangga. Biasanya dipakai anak-anak lantaran masih tumbuh. Anda bisa memilih menggunakan penyangga dari plastik keras atau yang lunak.
3. Terapi Chiropractic
Adalah terapi yang sekarang ini sedang naik popularitasnya lantaran tidak memerlukan obat atau operasi. Cukup dengan menggunakan tangan terapis yang berpengalaman untuk mengoreksi titik tertentu di tulang belakang dan sendi, serta saraf-saraf di otot. Klinik yang ada di Indonesia contohnya adalah Chiroindo.

Cara di atas hanya berlaku jika penyakit Anda masih tergolong ringan hingga sedang. Namun jika kemiringan di tulang belakang sudah semakin parah, maka yang bisa Anda lakukan adalah operasi. Pilihan ini adalah pilihan paling akhir lantaran banyaknya risiko. Beberapa poin tentang operasi ini yang perlu Anda ketahui adalah :
  1. Operasi ini disarankan ketika masa puber sudah selesai dan tidak ada lagi kemungkinan tumbuh.
  2. Operasi ini juga disebut fusi tulang karena menghubungkan tulang-tulang belakang jadi satu agar tidak miring lagi.
  3. Untuk membantu mempertahankan kekuatan tulang, dipasang pin dari logam yang harus dipakai sampai puluhan tahun.
Seperti yang Anda lihat, operasi adalah cara yang hanya dilakukan jika memang semua pilihan lain sudah habis. Selama skoliosis Anda masih belum memasuki tahap yang sangat parah, maka sebaiknya Anda melakukan terapi seperti chiropractic yang cenderung lebih aman dan juga bebas dari bahan kimia. Konsultasikanlah kepada dokter Anda sebelum memulainya.
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment
Copyright © 2012 Ibu Kreatif All Right Reserved. Share on Blogger Template Free Download.