Teknologi Teknologi Umum Wisata
Selasa, 17 Maret 2015

Perbedaan yang Dimiliki Asuransi Syariah dengan Asuransi Konvesional

Karena Indonesia merupakan negara Muslim terbesar di dunia, maka pertumbuhan ekonomi syariah pun berkembang cukup pesat, seperti Bank syariah sampai asuransi syariah. Khusus kawasan asia, asuransi syariah di Indonesia masih menjadi barometer di dunia. Fungsi dari asuransi syariah sebenarnya sama saja dengan asuransi konvesional yaitu melindungi nasabah dari berbagai musibah yang mungkin akan terjadi. Seperti contohnya asuransi kendaraan, baik itu asuransi syariah maupun konvesional sama saja akan melindungi kendaraan dari musibah seperti kecelakaan.
Perbedaan yang Dimiliki  Asuransi Syariah dengan Asuransi Konvesional
Asuransi
Keunggulan yang dimiliki asuransi syariah dari pada asuransi konvesional yaitu:

Sudah menjadi karakteristik asuransi syariah jika setiap objek yang akan diasuransikan harus terhindar dari unsur haram, itulah yang membedakan antara asuransi syariah dengan asuransi konvesional. Misalnya jika anda memiliki asuransi kendaraan atau rumah, maka sebelum pengajuan cover tersebut diterima maka sebelumnya anda akan diminta penjelasan dari mana sumber dana yang di dapat untuk membeli kendaraan atau rumah tersebut. Jika dana untuk membeli objek tersebut berasal dari uang tidak halal, maka pengajuan cover anda akan ditolak. Jika pengajuan asuransi anda diterima, maka akan langsung diawasi oleh pengawas syariah, hal inilah yang tidak dimiliki oleh perusahaan asuransi konvesional

Karakteristik lainnya yang membedakan antara asuransi syariah dengan asuransi konvesional yaitu asuransi syariah akan mengelola dana asuransi secara transparan dan digunakan sebesar-besarnya. Itu dimaksudkan agar bisa memberi keuntungan pada pemegang polis asuransi. Selain itu pengelolaan risiko akan dibebankan pada pihak asuransi dan juga peserta.
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment
Copyright © 2012 Ibu Kreatif All Right Reserved. Share on Blogger Template Free Download.