Teknologi Teknologi Umum Wisata
Senin, 22 Desember 2014

Manfaat dan Jenis Konstruksi Sumur Resapan

Sumur resapan merupakan salah satu dari rekayasa teknik konservasi berupa air. Rekayasa ini dibuat berupa sebuah bangunan yang dibuat menjadi sedemikian rupa agar bangunan ini menyerupai suatu bentuk sumur yang digali dengan berbagai kedalaman tertentu. Kedalam itu berfungsi untuk menampung air hujan. Sumur tersebut juga berfungsi untuk memberikan tambahan cadangan air melalui cara buatan dengan membantu air hujan meresap kedalam tanah. Biasanya sasaran lokasi diadakan sumur ini adalah pada daerah peresapan air yang berada di kawasan pemukiman, pertokoan, perkantoran, industry, dan tempat umum lainnya.
Menggunakan sumur ini tentunya banyak mengandung manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat menggunakan sumur yang mampu meresap air dengan efektif
1. Mampu mengurangi air yang sulit diserap oleh tanah. Jadi sumur ini sangat berguna untuk mencegah dan mengurangi penyebab terjadinya genangan air dan juga banjir.
2. Mampu meningkatkan dan mempertahankan tinggi dari permukaan air tanah yang seharusnya.
3. Berguna untuk mengurasi sedimentasi tanah dan erosi tanah.
4. Mampu untuk menahan dan mengurangi intrusi air laut bagi daerah yang berada pada kawasan pantai.
5. Mampu mencegah land subsidence atau penurunan tanah.
6. Konsentrasi suatu pencemaran air tanah juga dapat berkurang.
Selain itu sumur resapan juga memiliki bentuk dan jenis yang bermacam-macam. Bentuknya bisa berupa segi empat atau silinder dan menggunakan suatu kedalaman tertentu. Berikut ini adalah beberapa jenis konstruksi suatu sumur yang bisa digunakan untuk meresapkan air dengan baik.
1. Sumur yang tanpa pasangan pada dinding sumur. Selain itu dasar sumur juga tidak diisi ijuk dan batu belah.
2. Sumur yang tanpa pasangan pada dinding sumur dengan dasar sumur yang ikut diisi dengan ijuk dan batu belah.
3. Sumur yang disusun dengan batu kali dan batu bata pada dinding sumur. Selain itu dasar sumur juga ikut diisi dengan ijuk dan batu belah.
4. Sumur sudah menggunakan besi beton pada dinding sumur.
5. Sumur menggunakan batu cadas untuk dinding sumur atau yang biasa disebut dengan blawong.
6. Konstruksi-konstruksi tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, pemilihannya tergantung pada keadaaan batuan / tanah (formasi batuan dan struktur tanah).
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment
Copyright © 2012 Ibu Kreatif All Right Reserved. Share on Blogger Template Free Download.