Teknologi Teknologi Umum Wisata
Rabu, 03 Desember 2014

Berbelanja Online Vs Berbelanja Offline

Sekarang, hampir semua orang yang aktif menggunakan internet dalam aktivitas sehari-hari, sudah pernah berbelanja online. Biasanya, alasan utama mereka adalah karena berbelanja online jauh lebih praktis daripada berbelanja dengan metode konvensional. Tapi, apakah berbelanja online selalu menawarkan nilai yang lebih jika dibandingkan dengan berbelanja dengan cara konvensional/berkunjung ke sebuah toko? Sebenarnya ini tergantung dari apa yang ingin kita beli. 

Jika kita ingin membeli barang yang ada standarnya, kita tidak akan menemui masalah dalam berbelanja online. Contohnya, kita bisa membeli sprei murah secara online, tanpa masalah apapun, karena sprei ada standar ukurannya, seperti 120x200, 160x200, dan sebagainya, sehingga kita tidak akan salah beli asalkan kita membeli sprei yang sesuai dengan ukuran kasur kita. Tapi, jika kita ingin membeli barang yang tidak ada standarnya, atau standarnya berbeda-beda, terkadang berbelanja secara offline jauh lebih aman. Contohnya, jika kita membeli kaus atau kemeja, akan lebih aman jika kita membeli langsung dengan mendatangi sebuah toko. Karena, ukuran S, M, L, atau XL terkadang berbeda-beda antar merek. Jadi, kita harus fitting langsung supaya pas.


Walaupun praktis, berbelanja online lebih cocok bagi mereka yang tidak terburu-buru. Ini karena saat kita berbelanja online, mau tidak mau kita harus menunggu sampai barang yang kita beli dikirimkan ke alamat kita. Jika beruntung, kita hanya perlu menunggu satu hari saja. Tapi, terkadang, bahkan jasa pengiriman yang seharusnya sampai dalam waktu 1 hari pun bisa molor. Ini tentunya akan menjadi masalah jika kita sangat memerlukan barang tersebut dalam waktu dekat.


  • Blogger Comment
  • Facebook Comment
Copyright © 2012 Ibu Kreatif All Right Reserved. Share on Blogger Template Free Download.